Kemendag Akui Ekspor Sulsel Terus Menggeliat Meski Pandemi Covid-19

Suasana pengiriman ekspor unggulan Sulsel pada 15 negara. (foto humassulsel)

STARNEWS.ID,MAKASSAR – Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia, Didid Noordiatmoko, mengakui, ekspor Sulsel terus menggeliat meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Kalau kita lihat bahwa ekspor dalam kondisi pandemi sekarang ini kita masih tetap ada geliat,” kata Didid setelah peluncuran ekspor lima kontainer komoditas mineral nikel, rumput laut dan kemiri, di Pelabuhan Pelindo IV Makassar, Jumat, 4 Desember 2020.

Bacaan Lainnya

Menurut Didid, peningkatan ekspor tahun 2020 ini memang lebih tinggi dibanding tahun 2019 lalu.

“Masih ada upaya ekspor kita untuk ke pasar global. Memang kalau kita lihat kinerja dari tahun ini tidak sebaik dari tahun lalu. Tapi setidaknya ini menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia ini menggeliat terus menerus, yang saat ini fokus ekspor untuk produk-produk dan UMKM,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, mengaku, saat ini ekspor Sulsel mengalami pertumbuhan sebesar 11 persen di saat pandemi Covid-19.

“Saya kira ekspor kita selama masa pandemi tumbuh 11 persen. Itu yang saya sampaikan tadi bahwa walaupun masa pandemi, tapi kita kompak bersinergi dalam penanganan Covid-19, sehingga daerah-daerah produksi ekspor kita bisa tumbuh dengan baik,” tutupnya. (humassulsel/uba)


Pos terkait