Kisah dibalik Lagu “Ewako PSM”

PSM Juara. Foto: SulselSatu.com

STARNEWS.ID — Bagi pecinta PSM sudah tidak asing lagi dengan lagu “Ewako PSM”, lagu yang selalu dinyanyikan tiap PSM berlaga di Mattoanging, lagu yang hampir pasti dinyanyikan oleh band saat acara besar PSM, atau bisa jadi playlist lagu favorit di ponsel. Tapi, tahukah Anda cerita dibalik lagu Ewako PSM?

Lagu Ewako PSM pertama kali dirilis di publik sekitar awal 2005. Lagu ini diciptakan oleh Rere art2tonic, awal kemunculan lagu ini memang langsung booming karena nadanya yang catchy dan penuh semangat.

Baca Juga

Saat ini band Art2tonic sendiri punya nama besar di skena musik Makassar, banyak lagu-lagu mereka selalu merajai chart radio di Makassar, antara lain baco becce, jadi kenapa mi (jadi kau jago mi), Makassar bisa tonji dan lain-lain.

Ada kisah menarik di balik terciptanya lagu Ewako PSM, menurut hasil wawancara kami dengan Rere Art2tonic. Awal kemunculan lagu itu diawali dari permintaan salah satu putri dari pengurus PSM menghubungi rere lewat sms, meminta Rere untuk ikut membantu PSM dengan cara membuat lagu buat PSM dan hasil dari penjualan CD akan disumbangkan semuanya ke Manajemen PSM yang saat itu dalam kondisi kekurangan dana.

Alhasil, terciptalah lagu Ewako PSM dan langsung booming mungkin anak milenial tidak mengenal dulu ada band besar Makassar yang merajai gigs sulawesi selatan.

Saat kami bertanya perihal adakah niatan comeback/reunian Art2tonic, dengan tegas beliau menjawab saat ini blm ada karna masih merasa jenuh menjadi anak band tapi tidak menutup kemungkinan nanti saat kami tidak jenuh lagi, niatan comeback bisa jadi nyata.

Saat ini Rere Art2tonic lebih fokus di dunia perfilman karna di film beliau bisa menumpahkan keresahan dan ide2 dlm bentuk yang lebih luas.

Dari sekian banyak karya yang bagus, baik itu lagu maupun film. Hal yang selalu menjadi inspirasi beliau tidak lain ialah Aya, anak putri satu satunya.

Kunci dari segala karya RereArt2tonic yaitu mempertahankan  nilai-nilai seni yang punya rasa dengan bahasa sederhana hal itulah yang membuat karya beliau selalu bisa dterima oleh khalayak ramai.

Perkembangan dunia sosmed juga ikut membantu secara massive dalam publish karya beliau. Walaupun disayangkan juga info yang diterima tidak melalui filter dan ahirnya berita yang viral malah hal yang kurang berbobot hanya berisi sensasi saja, kata beliau di akhir percakapan.

Akhirnya kesampaian juga, lagu Ewako PSM yang diciptakan 15 tahun yang lalu dipakai untuk berpesta pora ikut memerahkan Makassar saat pawai juara Piala Presiden beberapa hari lalu.

EWAKO PSM, PSM JUARA !!!

Pos terkait