Kisah Waria yang Sukses Jadi Kacab Travel Biro Haji dan Umrah (1)

STARNEWS.ID, MAROS. Man Jadda Wajada, ungkapan Arab ini cocok disematkan untuk Muhammad Arham, seorang pebisnis skincare dan Kepala Cabang Travel Biro perjalanan Haji dan Umrah di Kabupaten Maros.

Tidak ada yang tahu, kalau sebelum sukses, Arham dulunya seorang waria, dan dikenal banyak orang dengan nama viral Miss Ocha.

Namun karena kesungguhannya untuk berubah dan bertobat, akhirnya merubah jalan hidupnya. Arham meninggalkan semua perilaku berpakaian seperti perempuan dan mengganti nama viral menjadi Mr. Ocha.

Semua lika liku hidupnya dituturka kepada Starnews.id, Selasa (7/7/2020). Anak keempat dari lima bersaudara ini, sejak kecil telah ditinggal kedua orang tua dan saudaranya. Arham tinggal menumpang kanan kiri ke keluarga terdekat hingga remaja. Dan, memutuskan untuk bekerja menyambung hidup.

Semasa kecil, hidupnya tak seberuntung seperti banyak orang, tinggal bersama keluarga dengan kasih sayang kedua orang tua. Namun Arham tidak larut dalam kesedihan, dan tetap punya cita-cita yang sangat tinggi.

Inilah yang memotivasi sehingga tetap giat belajar dan berprestasi menjadi rangking kelas sejak dibangku Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sebelum hijrah, Mr. Ocha pernah bekerja dibidang kosmetik selama tujuh tahun, karena mengaku cocok dengan jiwa perempuannya, makanya sangat betah dan nyaman di pekerjaan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Mr. Ocha iseng-iseng membuat formula skincare untuk keperluan pribadi, namun hasilnya sangat memuaskan. Akhirnya bekerja sama farmasi apoteker.

Dari situlah, Arham memutuskan mengundurkan diri dan membuat bisnis skincare yang langsung viral seketika saat berjualan melalui media sosial facebook. Tentu saja, penghasilannya berubah drastis menjadi lebih baik.

Seiring berjalannya waktu, setelah dua kali berangkat umrah. Pertama mengunjungi Baitullah pada Oktober tahun 2019 dan yang kedua Desember 2019.

Setelah itu, Arham memutuskan untuk hijrah menjadi laki-laki seutuhnya. Kini fokus menjalani bisnis skincare dan menjadi Kepala Cabang Travel Biro perjalanan Haji dan Umrah di Maros.

Sebelum mengakhiri perbincangan dengan Muhammad Arham atau Mr. Ocha sempat berpesan kepada semua orang. “Apabila ingin berubah ke arah yang lebih baik, jangan pernah takut. Allah akan membukakan jalan, jika memang didasari kemauan yang keras,”katanya. (fad/uba)

Terkait