Kisruh Cakadus Berutallasa, Panitia Perekrutan Surati PMD

Sekretaris panitia perekrutan perangkat desa Berutallasa, Kecamatan Biringbilu saat memasukkan surat terkait kisruh penjaringan cakadus ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gowa, Senin (24/5/2021). (Foto : Rusli Haisarni)

STARNEWS.ID,BIRINGBULU— Kisruh penjaringan cakadus Desa Berutallasa, Kecamatan Biringbulu, Gowa masih terus bergulir.

Perkembangan terbaru, panitia rekrutmen perangkat desa Berutallasa resmi menyurat ke Pemkab Gowa, Senin (24/5/2021).

Bacaan Lainnya

Surat yang ditujukan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gowa itu mempertanyakan tentang keterlambatan SK cakadus yang dinyatakan lolos seleksi oleh pihak pansel.

“Kita sudah masukkan surat ke Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa. Mempertanyakan keterlambatan rekomendasi pansel oleh kades ke camat Biringbulu,” ujar Sekretaris Panitia Perekrutan Perangkat Desa Berutallasa, Muh Rais, Selasa (25/5/2021).

Surat ini juga meminta pihak PMD Kabupaten Gowa untuk turun tangan. Apalagi ada isu berkembang, bahwasanya Kades Berutallasa, Arifin telah menerbitkan SK cakadus yang tidak lolos seleksi sesuai hasil rapat pleno pansel.

Jika isu itu benar, kata Rais sangat disesalkan. “Kalau memang benar adanya telah terbitkan SK namun ada tdk lolos seleksi atas nama Muh Kasim, maka kami dari panitia sangat menyesalkan karena bertentangan dengan perbup Gowa dan Permendagri,” ucap Rais.

Tidak hanya itu. Ia juga khawatir akan terjadi hal-hal tidak diinginkan, jika Kades Berutallasa tetap ngotot merekomendasikan SK bagi cakadus yang tidak lolos seleksi.

Terutama dari pihak cakadus yang lolos seleksi. Tentu saja tidak akan terima begitu saja. Termasuk pihak keluarga dan pendukungnya. Hal ini, kata dia berpotensi menimbulkan chaos di tengah masyarakat Desa Biringbulu.

“Inilah tujuan panita menyurat ke PMD Gowa untuk mencari apa sebenarnya dibalik kades tidak menerbitkan SK cakadus,” paparnya.

Selain menyurat resmi ke PMD, panitia penjaringan perangkat Desa Berutallasa juga konsultasi ke Komisi A DPRD Gowa.

Anggota Komisi A DPRD Gowa, Baharuddin yang dikonfirmasi membenarkan hal ini. “Tadi (kemarin,red) panitia penjaringan bertemu dengan saya. Pembahasannya seputar kisruh penjaringan cakadus Desa Berutallasa,” ujar Baharuddin.

Dalam pertemuan itu, Baharuddin menyarankan agar persoalan penjaringan cakadus Desa Berutallasa dicarikan solusi terbaik.

“Perekrutan perangkat desa itu kan jelasji aturannya. Jika memang terjadi masalah solusinya duduk bersama. Baik pansel, kades dan camat. Dewan juga siap membantu,” tutupnya. (rus)


Pos terkait