KPAI Apresiasi Kemendikbud dalam Majukan Pendidikan Dimasa Pandemi

Proses belajar di masa pandemi di salah satu sekolah (foto lampost)

STARNEWS.ID, JAKARTA – Mengamati perkembangan pendidikan di masa pendemi, KPAI melihat beberapa langkah Menteri Pendidikan yang layak untuk diapresiasi diantaranya, KPAI mengapresiasi Kemdikbud RI yang sudah merevisi standar isi menjadi kurikulum khusus dalam situasi darurat dan pada tahun 2021 ini juga melakukan revisi terhadap standar penilaian melalui Surat edaran (SE) Mendikbud No 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Ini ditandatangani Mendikbud Nadiem pada tanggal 1 Februari 2021. SE ini seharusnya menjadi rambu-rambu penilaian di masa pandemic bagi kelulusan maupun kenaikan kelas peserta didik pada seluruh sekolah di Indonesia.

Bacaan Lainnya

KPAI mendorong Kemdikbud dan Dinas Pendidikan melakukan pemetaan dan membuat program pembagian alat daring untuk PJJ, sehingga anak-anak yang tidak memiliki alat daring bisa dipinjamkan melalui sekolah dan diberikan bantuan kuota internet.

”Bagi daerah yang blank spot diberikan bantuan penguat sinyal sehingga PJJ dapat berlangsung, anak-anak tetap memiliki keteraturan dalam pembelajaran,” kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, Rabu (17/2/2021).

Selain itu, KPAI juga mendorong Dinas-Dinas Pendidikan di daerah memetakan bersama sekolah terkait anak-anak yang berpotensi putus sekolah karena tidak memiliki biaya pendidikan, mereka harus dibantu, baik yang di sekolah negeri maupun sekolah swasta agar hak atas pendidikan tetap dapat dipenuhi oleh pemerintah/negara dalam keadaan apapun sebagaimana amanat pasal 31 Konstitusi RI.

Dan, KPAI mendorong Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan Dinas-dinas PPPA di berbagai daerah untuk mengkampayekan bahayanya perkawinan anak dan mencegah terjadinya perkawinan anak karena putus sekolah di masa pandemic Covid-19. (rilis/uba)

 


Pos terkait