KPAI Gelar Rakor Nasional Untuk  Pembelajaran Tatap Muka 2021

(foto ist)

STARNEWS.ID, JAKARTA – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakornas) pada Senin, 30 November 2020 secara daring melalui aplikasi zoom pada pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB.

Rakornas akan dihadiri oleh sejunmlah perwakilan Kementerian terkait, seperti Kemenko PMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan dan Kementerian PPPA. Juga para Kepala-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Se-Indonesia dan Perwakilan Kepala-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota Se-Indonesia, Perwakilan Kepala-Kepala Sekolah Se-Indonesia, Perwakilan Ketua-ketua Komite Sekolah dan Perwakilan Pengurus Organisasi-organisasi Profesi Guru Se-Indonesia.

Bacaan Lainnya

Hasil Pengawasan KPAI, 83,68% Sekolah Belum Siap PTM

Rakornas akan menjadi ajang untuk menyampaikan hasil pengawasan persiapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Satuan Pendidikan yang dilakukan oleh Komisioner KPAI Bidang Pendidikan dan tim pengawasan pada 49 sekolah di 21 kabupaten/kota pada 8 provinsi (NTB, Bengkulu, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, D.I Yogjakarta, Banten, dan DKI Jakarta).Hasil pengawasan KPAI, menunjukkan data dan fakta bahwa dari 49 sekolah yang ditinjau langsung, hanya 16,32% sekolah yang SIAP, dan 83,68% BELUM SIAP.

Dari 49 sekolah diantaranya adalah SMKN 9 dan SMKN 11 Kota Bandung, SMKN 1 Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, SMKN 63 Jakarta Selatan, SMKN 2 Cikarang Barat, SMAN 1 Kota Bogor, SMAN 1 Kota Subang, SMAN 3 Slawi Kabupaten Tegal, SMAN 3 kabupaten Seluma dan SMAN 9 Kota Bengkulu, SMAN 1 Monta kabupaten Bima, SMAN 1 Gunungsari Lombok Barat, SMPN 4 Kota Solo, SMPN 1 Kota Magelang, SMPN 1 Kota Madiun, SMPN 5 Kota Yogjakarta, SMPN 7 Kota Bogor, SMPN 12 Kota Semarang, SMPN 3 Pangkah Kabupaten Tegal, SDN Pekayon Jaya 06 Kota Bekasi, SDN 01 Kota Cilegon, SDN Kalijaya 02 Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, dan lain-lain.

Pengawasan langsung ke sekolah dilakukan KPAI sejak Juni sampai November 2020. Adapun Hasil pengawasan dan sejumlah rekomendasi akan disampaikan dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) penyiapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di sekolah. Rakornas mengundang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dan Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebagai narasumber. Sedangkan moderator adalah Mansur, Wakil Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) yang juga Wakil Kepala SMAN 1 Gunung Sari, Lombok Barat.

Adapun materi yang akan dibahas adalah :
1. Penyampaian Hasil Pengawasan Penyiapan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi yang dilakukan KPAI di 49 Sekolah pada 21 Kabupaten/Kota di delapan (8) provinsi oleh Komisioner KPAI Bidang pendidikan;
2. Panduan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) dan PJJ (Pembelajaran Jarak jauh) ketika Sekolah Dibuka Januari 2021 Yang dapat melindungi Kesehatan dan Keselamatan Peserta Didik oleh Mendikbud RI;
3. Peran Orangtua Dalam menyiapkan Peserta Didik PTM dan PJJ Ketika Sekolah Dibuka Januari 2021 oleh Menteri PPPA;
4. Politik Anggaran Pendidikan Untuk Penyiapan Buka Sekolah Januari 2021 Demi Melindungi Warga Sekolah Selama Pandemi oleh Ketua Komisi X DPR RI. (*/uba)

 


Pos terkait