KPU Enrekang Verifikasi SK Kepengurusan Parpol

Rakor KPUD Enrekang bersama perwakilan partai politik di Cafe Ideologi, Enrekang, Kamis (20/5/2021).(Foto : Zaeni Salloko)

STARNEWS.ID,ENREKANG— Pemilu 2024 memang masih terbilang lama. Namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang sudah melakukan ancang-ancang terhadap parpol calon peserta pemilu.

Upaya pertama dengan melakukan verifikasi SK Kepengurusan Parpol khususnya di Kabupaten Enrekang.

Proses verifikasi itu dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi (Rakor) Pelayanan Administrasi Hukum Penyelenggaraan Pemilu di Cafe Ideologi Enrekang, Kamis (20/5/2021).

Peserta Rakor adalah para pengurus DPD dan DPC Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 dan juga Bawaslu Kab. Enrekang. Adapun tujuannya adalah untuk menertibkan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan berdasarkan hasil Musyawarah Daerah terbaru masing-masing Parpol.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kab. Enrekang Haslipa mengatakan Rakor ini merupakan upaya untuk melakukan perbaharuan terhadap legalitas partai politik peserta Pemilu 2019.

“Sebagai lembaga yang bertugas menyelenggarakan Pemilu, maka KPU berkewajiban untuk melakukan persiapan-persiapan awal terkait dengan administrasi Parpol calon peserta Pemilu 2024 mendatang. Oleh karena itu penting untuk menjalin kooordinasi dengan para pengurus Parpol,” katanya.

Haslipa menjelaskan, koordinasi yang terjalin baik dengan para pengurus Parpol akan sangat membantu dan mempermudah kerja-kerja KPU, sehingga tahapan-tahapan Pemilu nantinya dapat dilaksanakan dengan lancar.

Sementara itu Kordiv Hukum dan Pengawasan, Baharuddin mengatakan Rakor layanan administrasi hukum dimaksudkan untuk memastikan bahwa SK Kepengurusan DPD dan DPC Partai Politik statusnya masih aktif, jangan sampai ada yang sudah kadaluarsa.

“Melalui Rakor ini kami melakukan verifikasi terhadap semua Parpol yang menjadi peserta Pemilu 2019 lalu. Ada 15 Parpol yang verifikasi yakni PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat dan PBB,” ujarnya.

Dari hasil verifikasi tersebut, 11 Parpol telah menyerahkan SK Kepengurusan terbarunya ke KPU Kabupaten Enrekang. sedangkan 4 Parpol lainnya belum ada yakni PKB, Berkarya, Garuda dan PSI, sambungnya.

Baharuddin menjelaskan, Parpol yang belum ada SK terbarunya akan segera ditindaklanjuti dengan menghubungi para pengurusnya. (Zaini/**)


Pos terkait