Kunker KNPI Garut di Gowa, Tertarik Adopsi Perda Kepemudaan

Pemkab bersama jajaran DPD KNPI Kabupaten Garut melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Jumat (26/3/2021). (foto pemkab gowa)

STARNEWS.ID, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut Provinsi Jawa Barat tertarik mengadopsi kebijakan Pemerintah Kabupaten Gowa terkait Peraturan Daerah Kepemudaan.

Hal ini dibahas saat Pemkab Garut bersama jajaran Dewan Pimpinan Daerah DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Garut melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Jumat (26/3/2021).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Basuki Eko mengatakan kedatangannya ke Kabupaten Gowa untuk melakukan studi tiru terkait pelayanan kepemudaan. Apalagi kata Basuki Eko Kabupaten Gowa ini merupakan Kabupaten yang sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan dan sudah mendapatkan Kabupaten Layak Pemuda (KLP).

“Kami ke sini berdasar permintaan dari KNPI. Sebenarnya kami mau ke daerah lain, tapi katanya Kabupaten Gowa ini bagus dalam pelibatan kepemudaannya. Jadi tidak salah kami berguru ke sini,” katanya.

Ia berharap ada inovasi pelayanan Kepemudaan yang bisa diterapkan di Kabupaten Garut, termasuk akan menyusun Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan

“Kita juga mengetahui inovasi kepanduan apa yang dilakukan sehingga bisa raih Kabupaten Layak Pemuda. Apa yang harus kami persiapkan agar bisa dapat Kabupaten Layak Pemuda,” harapnya.

Inilah jajaran Pemkab Garut, Jawa Barat bersama Dispora Kabupaten Gowa saat kunjungan kerja, Jumat, (26/3/2021).

Kepala Dispora Kabupaten Gowa, Fajaruddin saat menerima rombongan menjelaskan bahwa perhatian Pemerintah Kabupaten Gowa kepada pemuda cukup besar. Hal ini karena Bupati Gowa saat ini, Adnan Purichta Ichsan merupakan representasi dari pemuda.

“Konsistensi Bupati melakukan pemberdayaan pemuda juga berpengaruh untuk mendapatkan Kabupaten Layak Pemuda. Kami dapat mendapatkan Kabupaten Layak Pemuda ini pada tahun 2018 kategori utama,” kata Fajar.

Selain itu, untuk mendapatkan KLP, Fajar menyebutkan ada beberapa yang perlu dipersiapkan, seperti regulasi kepemudaan. Saat ini Kabupaten Gowa sudah memiliki Perda dan Peraturan Bupati tentang Kepemudaan.

Tak hanya itu, pemuda di Kabupaten Gowa juga selalu dilibatkan dalam pembangunan, salah satunya dengan mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pemuda untuk mendengarkan saran, keinginan dan aspirasi para pemuda di Kabupaten Gowa.

“Kami juga menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan kepemudaan, seperti sekretariat KNPI, asrama mahasiswa, panggung demokrasi, gedung Pertemuan dan fasilitas olahraga yang ada di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Syekh Yusuf,” ungkapnya.

Olehnya itu, dirinya berharap hasil kunjungan ini bisa bisa bermanfaat untuk menjadikan Kabupaten Garut bisa mendapatkan Kabupaten Layak Pemuda. Dirinya juga berharap agar silaturahmi Kabupaten Gowa dan Kabupaten Gowa bisa tetap terjalin dengan baik.

Kunjungan kerja ini juga dihadiri Ketua DPD KNPI Kabupaten Gowa, Alumnus dan Ketua DPD KNPI Kabupaten Garut, Deni Rahmat bersama jajarannya. (*/uba)


Pos terkait