Lancar, Penyaluran BLT Dana Desa di Kecamatan Maiwa

Kapolsek Maiwa memberikan penjelasan kepada salah seorang penerima BLT Dana Desa. (foto Zaini)

STARNEWS.ID, ENREKANG – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Alokasi Dana Desa (ADD) Covid-19, yang berlangsung di desa atau kelurahan tetap dilakukan pengawalan pengamanan dari polsek setempat. Selain itu, juga menampung adanya laporan warga yang tidak mendapatkan BLT ADD senilai Rp600 ribu.

Ini terjadi di Kecamatan Maiwa, yang baru membagikan BLT ADD setelah diproses dan didata kelayakannya. Sebagai penerima bantuan di kecamatan Maiwa hari ini masih terus berlangsung.

Bacaan Lainnya

Kalau kemarin adalah Desa Matajang, hari ini giliran desa Labuku yang mendapatkan sumbangan Covid 19. Dana ini diterima warga Desa Labuku Kecamatan Maiwa, Sabtu (16/5/2020).

Teknis pembagian dana tersebut dibagikan di Kantor Desa setempat, dan para penerima semua dihadirkan.

Kegiatan penyaluran BLT DD tersebut dibuka Camat Maiwa Andi Asruddin.

“BLT Dana Desa ini adalah dana penunjang selama pandemi Virus corona, dana yang diperoleh agar digunakan sehemat mungkinngkin terutama untuk biaya kebutuhan pokok”, ujar Andi Asruddin.

Sementara itu, Kapolsek Maiwa AKP Tu’ba Patanggu mengatakan jika ada permasalahan di desa/lingkungan terkait kamtibmas silakan langsung disampaikan bhabinkamtibmas, dan jika ada penerima BLT DD yang dirasa kurang tepat sasaran, silakan langsung laporkan ke perangkat desa/kades.

“Hari ini sebanyak 46 warga Desa Labuku mendapat alokasi BLT-DD. Semua penerima merupakan hasil Musdes khusus yang digelar beberapa hari yang lalu,” terang Kanit Reskrim Aiptu Guntur, yang juga hadir dilokasi.

Guna memperlancar pencarian dana BLT Dana Desa di Kecamatan Maiwa, para penerima dibantu aparat setempat. (foto Zaini)

“46 warga sudah mendapat alokasi BLT-DD. Semua rangkaian kegiatan berjalan lancar dan aman. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga,” harap Aiptu Guntur.

Sebagai informasi, BLT-DD merupakan kebijakan pemerintah pusat melalui Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes) Nomor 6 Tahun 2020 sebagai revisi Permendes 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Alokasi BLT-DD tersebut diberikan kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) terdampak Corona dengan nilai bantuan sebesar Rp 600 ribu. Nilai tersebut dibayarkan selama tiga bulan, mulai April hingga Juni 2020.

Ada sejumlah kriteria rumah tangga yang berhak atas BLT-DD tersebut, diantaranya keluarga miskin non Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Juga yang belum mendapat Program Keluarga Harapan (PKH), non pra kerja yang kehilangan mata pencaharian dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

Lanjut Kapolsek Maiwa, bahwa pelaksanaan pembagian BLT DD hari ini sudah mematuhi protokol kesehatan seperti jarak tempat duduk satu meter, semua yang hadir memakai masker, dan disediakan tempat cuci tangan dilokasi.

“Alhamdulillah hingga acara selesai semua berjalan lancar dan tertib,” pungkasnya.(zaini/star1).

Terkait