Lansia Lebih Rentan Jadi Korban Covid-19

Ketua Epidemiologi Covid-19 di Makassar, Ansariadi (FANDY/starnews.id)

STARNEWS.ID, MAKASSAR — Penularan Covid-19 terbilang cepat. Ketua Epidemiologi Covid-19 di Makassar, Ansariadi mengungkapkan, kecepatannya bisa mencapai 1.400 hingga 6.000 per bulan.

“Jangan juga bayangkan kalau dalam sebulan turun kembali akan seperti itu, itu tidak mungkin. Kecuali semua orang tinggal di rumah, tidak keluar-keluar. Kalau tidak seperti itu, maka estimasi kasus itu akan stagnan,” ujarnya di Rujab Wali Kota Makassar, Senin (8/2/2021).

Bacaan Lainnya

Disebutkan, jumlah kasus Covid-19 atau familier juga dengan virus korona itu berbeda di setiap golongan usia. Di usia 50-59 sebanyak 3.327, pada usia 40-49 mencapai 4.051 dan di usia 60 ke atas atau lanjut usia (lansia) sebayak 2.288 kasus.

Melihat jumlah kasusnya, memang golongan lansia paling sedikit. Namun perlu diingat, korban meninggal dunia di Makassar akibat virus yang bermula dari Wuhan, Cina itu terbanyak di golongan lansia.

“Mereka yang di atas 60 tahun mencapai 246 kematian. Sedangkan usia muda memang umumnya lebih rendah, pada usia 20-29 hanya 8 kasus kematian,” ungkap Ansariandi.

Menurutnya, untuk jumlah penduduk di Makassar sekitar 1,8 juta. Sementara mereka yang lansia sekitar 25 persen dari jumlah penduduk di Makassar. “Itu yang kita lindungi, karena mereka (lansia) kelompok paling rentan dan fatal,” katanya.

Ansariandi mengingatkan untuk mencegah, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk penularan covid-19, khususnya, usia muda seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak sosial, mengenakan masker dan menghindari tempat-tempat ramai. (fan/dam)


Pos terkait