Latih Kemampuan, PKK Gowa Gelar Tes Kompetensi Kader Posyandu

Ketua TP PKK Gowa, Priska Adnan (dua kanan) melihat kader posyandu yang mengikuti tes kompetensi di Kecamatan Pallangga, Selasa (29/6/2021).(Foto : Humas Pemkab Gowa)

STARNEWS.ID,GOWA—- Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa melaksanakan tes kompetensi bagi kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Tes Kompetensi tersebut digelar secara serentak di 167 desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa, Selasa (29/6/2021).

Bacaan Lainnya

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan tes kompetensi ini bertujuan melatih kemampuan para kader di lapangan sebelum dilakukan pembinaan dalam mencegah dan mengatasi stunting.

“Disini semua kader Posyandu kita tes kompetensinya sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan sebagai kader Posyandu. Hasil dari tes kompetensi jadi acuan kita untuk melakukan pembinaan dalam mencegah dan mengatasi stunting di Kabupaten Gowa,” urai Priska disela meninjau lokasi tes kompetensi kader posyandu di kecamatan Pallangga.

Ada dua lokasi yang ditinjau Priska. Yakni di Desa Je’netallasa dan Kelurahan Pangkabinanga.

Jebolan Indonesia Idol itu berharap, pelaksanaan tes kompetensi kader Posyandu yang bertepatan dengan momen peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 ini dapat berjalan baik dan bisa memaksimalkan kader-kader PKK yang ada di daerah ini.

“Kita harapkan, mudah-mudahan dengan adanya tes kompetensi kader Posyandu hari ini berjalan lancar,” ucap Priska.

Kepala Puskesmas Pallangga yang juga sekaligus Anggota Pokja IV PKK Kabupaten Gowa, dr Tri Octaviany menambahkan, selain di desa dan kelurahan, tes kompetensi kader Posyandu juga akan dilaksanakan di kecamatan.

Kata dia, ini khusus bagi kader yang berhalangan hadir sehingga diberi kesempatan ikut tes susulan. Pelaksanannya pada tanggal 7 Juli 2021 mendatang.

“Jadi kader yang mengikuti tes susulan akan dilakukan juga secara serentak di kecamatan-kecamatan,” tutur dr Tri.

Dirinya juga menuturkan, tujuan dari tes kompetensi ini guna melihat sejauh mana kompetensi kader-kader posyandu. Sehingga diharapkan para kader harus menguasai materi dasar Posyandu, dan juga materi penunjang posyandu.(rus)


Pos terkait