Lebih Rp1,5 M Digelontorkan DPW LDII untuk Berkurban

Ketua DPD LDII Polman, H Suyono membagikan daging kurban kepada masyarakat.


STARNEWS.ID, POLMAN — Umat Islam dianjuran untuk berkurban di setiap Iduladha. Tujuannya, agar dapat mendekatkan diri pada Allah SWT sekaligus mencapai predikat takwa, tunduk dan patuh kepada Allah SWT.

Olehnya itu, pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) kembali meyelengarakan penyembelihan hewan kurban .

Setidaknya, 122 sapi dan 24 kambing disiapkan LDII Sulbar di Iduladha 1441 Hijriyah ini. Jika diestimasikan, maka nilainya berkisar Rp1.568.350.000.

“Alhamdulillah kami sangat haru, mengapresiasi dan bersyukur kepada seluruh warga LDII di Sulawesi Barat. Dalam saat situasi pandemi Covid-19 di mana kegiatan perekonomian yang tidak stabil, namun semangat dan antusiasnya warga dalam berkurban dapat tercapai dan bisa dilaksanakan,” ujar Ketua DPW LDII Sulbar, Rianto.

Dalam Pelaksanaan Teknis ibadah dan penyembelihan hewan kurban, kami mengikuti atau mengacu Protokoler kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19 dan Surat Edaran Menag Nomor 18 Tahun 2020 Tentang penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qubran Tahun 1441 H/ 2020 M Menuju Masyarakat Produkif dan Aman Covid-19.

Selanjutnya untuk pendstribusian daging hewan qurban akan diberikan kepada warga, mustahiq, duafa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Harapan kami semoga adanya berbagi daging kurban ini dapat membantu saudara saudara kita disaat dalam kondisi keprihatinan akibat pandemik saat ini,” harap Rianto.

“Apa metode warga LDII dalam mengumpulkan dana untuk berkurban? Tidak ada metode khusus ataupun standar, tergantung situasi dan kondisi kemampuan warga LDII serta hasil rapat pada tingkat DPD tingkat Kabupaten, PC tingkat Kecamatan dan PAC Tingkat desa se-Sulawesi Barat. Misalnya saja tingkat PC LDII Kecamatan ada yang menghimpun dana tiap panen padi, ada juga pertiga bulanan dan ada juga secara temporer 2 bulan sebelum Idhuladha,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua DPD LDII Kabupten Polewali Mandar H Suyono K menyampaikan untuk skop wilayah Kabupten Polman jumlah hewan kurban yang disembelih yakni, sapi sebanyak 65 ekor dan kambing 9 ekor kambing. Lokasi penyembelihan tersebar ada 16 titik. (lim/dam)

Pos terkait