Letkol Gaol, Perwira TNI Jebolan X-Faktor

Letkol Gaol menunjukkan kemampuannya olah vokal dengan mengikuti ajang bakat di layar kaca. (foto ist)

STARNEWS.ID – Letkol Sus Bombi Parlin Lumban Gaol, perwira yang bertugas sebagai dosen di Akademi Angkatan Udara (AAU) selain mengajar, ternyata juga mempunyai kemampuan olah vokal yang cukup baik. Pria ini merupakan jebolan X Factor yang bertekad berkarya melalui seni, salah satunya adalah seni tarik suara.

Semenjak kecil, Letkol Gaol memang sudah memiliki talenta dan bakat menyanyi dan berkeinginan menjadi artis, seiring berjalannya waktu, tepatnya pada tahun 1999 ia masuk SEPA PK dan lolos menjadi Perwira TNI AU dengan pangkat Letnan dua, hingga pada saat ia berpangkat Mayor, Gaol bertekad mengikuti ajang pencarian bakat di salah satu stasiun TV swasta (X- Factor).

Bacaan Lainnya

Dan melalui dunia tarik suara, Gaol berkarya untuk mengubah pola pikir masyarakat yang menganggap bahwa dunia militer itu garang dan seram.

Sebagai anggota TNI aktif, ada kewajibanya untuk selalu dekat dan sayang kepada rakyat yang telah melahirkan TNI.

Pada awak media ketika diwawancarai Starnews.id melalui sambungan telepon (10/12/2019) Letkol Gaol menceritakan tentang kisahnya.

Selain pandai bernyanyi, sehari-harinya Letkol Gaol mengajar di AAU. (foto ist)

“Tahun 2015 silam saya ikut audisi X Factor dan berhasil masuk dalam boad camp 100 besar di Jakarta. Lalu audisi di Yogyakarta tahun 2013, saya juga pernah menjadi juara I dalam satu perlombaan karya cipta memperebutkan piala presiden saat itu di kota Pacitan,”jelas Gaol.

Saat ini di tahun 2019, ucap pria berdarah Batak, namun berlogat Jawa ini, ia kembali merelease satu lagu ciptaan Andy Date berjudul ” dongan curhat paling setia” Andi Zate ini adakah seorang pencipta lagu dari penyanyi tembang Jawa yang tersohor, yaitu Mas Didi Kempot.

“Awal saya masuk dapur rekaman saat mas Andy Zate selaku Komposer dan pencipta lagu) yang merupakan sahabat lama saya, saat itu saya masih menjadi instruktur militer di Lanud Soemarmo, Solo, jadi setiap ada event di pangkalan udara, saya hampir bisa dipastikan selalu di tunjuk oleh rekan maupun pimpinan saya untuk jadi seksi penghibur, saat itulah saya berkenalan dengan mas Andi Zate.

Sebagai sahabat, kami sering sharing dan bertukar pikiran dan curhat tentang dunia seni dan kebetulan mas Andy Zate, termasuk senior saya di dunia cipta lagu, mulanya sih saya sering diajak rekaman lagu, namun karena faktor kesibukan masing-masing hal itu belum sempat kami lakukan, hingga akhirnya, kira-kira sekitar 7 bulan lalu, kami tak sengaja bertemu sambil ngopi, dari sanalah kami mulai membicarakan tentang perkembangan seni, Khususnya campur sari, di Jawa menurut mas Andy Zate, animo masyarakat Jawa tengah dan Jawa Timur sangat menggelora perkembangan musik campur sari, mas Andi mengatakan bahwa ia sangat terpesona dengan suara saya, hingga akhirnya, mas Andi Zate menawarkan pada saya untuk membawakan lagu bernuansa rock dangdut.

Nah kebetulan saya kan sudah sangat lama sekali tinggal di pulau Jawa, dan sejak itu saya memutuskan untuk rekaman di studio mas Andi Zate, salah satu lagu yang berhasil mendapat apresiasi dari masyarakat Jawa anatara lain, lagu berjudul “alun-alun Boyolali”. Kemudian lagu tersebut sering kami dendangkan di lokasi latihan siswa militer angkatan udara. Dan pada pertengahan bulan November 2019, lagu tersebut berhasil kami release versi Youtubenya. Serta saat ini di Desember 2019 kami kembali merelease lagu bernuansa Batak dengan judul ” dongan curhat paling setia,”jelas Letkol Gaol.

Sebagai prajurit TNI AU yang sangat mengapresiasi semboyan kepala staf angkatan udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna yaitu Prajurit yang profesional, militan dan inovatif, Letkol Gaol bertekad mengembangkan talentanya tampa melupakan fungsi, dan tugasnya sebagai anggota TNI, ia tetap akan berkecimpung di dunia seni untuk menambah kekayaan seni dan budaya di Indonesia. (star1)


Pos terkait