LPMP Sulsel Manfaatkan Konten Digital di Era 4.0 Industri

Suasana kegiatan LPMP Sulsel untuk menuju era industri 4.0. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Lembaga penjaminan mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi selatan merupakan lembaga yang melaksanakan penjaminan mutu, pengembangan model dan kemitraan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan untuk melakukan pemetaan, supervisi, dan tentunya pengembangan sistem informasi mutu pendidikan serta pelaksanaan urusan administrasi LPMP.

Terkait fungsi tersebut maka LPMP Sulsel menggelar kegiatan penyusunan profil LPMP Sulsel bertempat di swiss bell hotel Kota makassar pada kamis hingga sabtu 26-28 desember 2019.

Bacaan Lainnya

Kegiatan penyusunan profil diikuti oleh 30 peserta yang merupakan staff dari LPMP sulsel yang diharapkan mampu mengembangkan potensi dan wawasan terutama dalam menyongsong era 4.0 industri atau era digital yang semakin maju dengan kecepatan dan pemanfaatan teknologi. Pelatihan yang digelar untuk mendukung fungsi LPMP dalam rangka meningkatkan SDM para aparatur di LMPM sulsel dalam hal menyebar luaskan informasi pendidikan termasuk program dan capaian pelaksanaan kegiatan.

Serangkaian materi disiapkan bagi para peserta seperti Insight tentang pentingnya perubahan profil LPMP dari konsep konvensional yang menggunakan paper menuju pemnfaatkan teknologi digital melalui video dan optimalisasi website serta social media.

Selain itu terkait Penguatan aktivitas Kehumasan ( pr activity) yang akan berimplikasi pada semakin banyaknya liputan maupun pemberitaan dari media mainstream. Materi lainnya yakni pembelajaran tentang pengambilan gambar atau pembuatan video profile yang baik dan benar.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara yakni Tedi Hendratno dari INDONESIA yang secara khusus membawakan materi dengan topik “corporate identity transpormation in 4.0 Industri “.

Materi ini sangat cocok lantaran semua metode yang ada haruslah mengikuti perkembangan yang ada karena saat ini era digital telah menjadi sumbu dalam transportmasi komunikasi karenanya perlu didukung dengan kesiapan Sumber data manusia yang memiliki kapabilitas dan kemampuan. Dalam pernyataannya Tedi Hendratno menyampaikan perubahan pola komunikasi yang sangat signifikant dari setiap tahapan revolusi industri harus disikapi dengan bijak dengan membekali diri dan ikut mengambil peran dalam pembaharuan transpormasi informasi.

Perubahan informasi di era saat ini terjadi sangat cepat apalagi didukung dengan teknologi dan internet yang kini menjadi pusat konektivitas yang membuat manusia dari berbagai belahan dunia mampu terhubung.

Untuk itu setiap insan manusia harus mampu berkomunikasi dengan perangkat teknologi yang ada di era 4.0 industri tidak hanya untuk menghadapi persaingan global melainkan untuk menghadirkan pelayanan terdepan terutama bago penyebaran ingormasi pendidikan dan penjaminan mutu lpmp sulsel.

Pemberian materi berlangsung selama 10 jam hal ini tak membuat para peserta jenuh melainkan lebih antusias karena kegiatan dikemas dengan nuansa yang mampu menghadirkan semangat, Mifta yang merupakan salah satu staff lpmp yang bertugas sebagai kameramen dan editor yang juga mengikuti pelatihan penyusunn profile LPMP ini menyampaikan sangat senang dengan pelatihan ini karena memperoleh banyak masukan dan pengetahuan khususnya pada penyusunn video profile lpmp yang sesuai dengan era 4.0 atau kekinian.

Bahkan mendapat ilmu baru dalam dalam penyusunn video dengan materi yang banyak sehingga kedepan hal ini akan sangat bermanfaat dalam kegiatan penjaminan mutu pendidikan di sulsel ” urainya.

Berbeda dengan Dr.Endang Asriyanti M.Hum yang merupakan Widyaiswara LPMP Sulsel, selama kegiatan berlangsung mengaku sudah banyak belajar cara membuat skenario dan pembuatan insert dn bebrapa hal penting lainnya terkait pembuatan company profile digital sehingga akan membuat LPMP Sulsel akan semkin baik dalam kontes komunikasi dan penyajian profile yang sesui dengan era saat ini berbasis teknologi digital.

Ini tentu semakin efisien dan efektif sekligus akan semkin menarik dengan desaigne yang lebih komperenship mellaui sentuhan digital sebagai wadah menyampaikan informasi yang dibutuhkan bagi semua pihak khususnya pada mitra LPMP Sulsel.

Sementara itu beberapa peserta lainnya berharap agar pelatihan dapat dilalukan secara berkelanjutan sehingga metode metode baru dari aplikasi yang hadir sebagai bagian teknologi terbaru senantiasa diperbaharui untuk mendukung segala fungsi dan kegiatan dari LPMP sulsel.

Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan edukasi yang dapat dipahami dengan mudahboleh para peserta. (star1)


Pos terkait