Mahasiswa FBS UNM Rutin Kuliah Daring

Dr. Sukardi Weda, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FBS UNM

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Saat pandemik Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Aktifitas kantor dan kegiatan perkuliahan tetap dilakukan dengan sistem daring, work from home (WFH), dan online teaching process dengan menggunakan berbagai perangkat teknologi digital, Zoom, Skype, Tele-conference, dan media sosial lainnya.

Salah satu media sosial yang cukup membantu proses kuliah online adakah Whatts Ap (WA). Sarana belajar daring menggunakan WA ini murah dan cepat saling merespon komentar dan pertanyaan dari mahasiswa yang mengikuti kuliah daring tersebut.

Bacaan Lainnya

Salah satu dosen yang memanfaatkan media sosial ini adalah Dr. Sukardi Weda, yang mengajar pada beberapa mata kuliah, baik pada program S1 maupun S2, seperti pada mata kuliah: Literature in ELT (English Language Teaching), Metode Penelitian Bahasa dan Sastra, Thesis Skills, dll.

Salah satu mata kuliah yang berlangsung secara daring hari ini, Rabu (1/4/2020) adalah mata kuliah Literature in ELT. Mata kuliah pilihan ini diikuti oleh 12 orang mahasiswa angkatan 2017 dan 1 diantaranya dari angkatan 2016. Kuliah daring ini telah memasuki minggu kedua. Yang menjadi kelompok presentasi pada minggu pertama kuliah daring adalah kelompok 2 dan minggu kedua oleh kelompok 1.

Metode pelaksanaan kuliah daring adalah, kelompok presentasi mahasiswa yang telah terbentuk sebanyak 6 kelompok dengan masing-masing 2 anggota diminta untuk membuat lesson plan, dengan mengambil salah satu genre sastra untuk dijadikan sebagai materi otentik (authentic material) untuk meningkatkan kompetensi bahasa (language competence) pembelajar bahasa Inggris.

Pada saat kuliah daring berlangsung, salah satu kelompok diminta untuk menyajikan materinya dalam bentuk PPT, sebagaimana biasanya di kelas konvensional. Materi yang telah dibuat dalam bentuk RPP juga di-submit di group WA supaya dapat dibaca oleh semua mahasiswa yang ikut dalam kelas Lit. in ELT. Setelah menyajikan materi dan RPP, mahasiswa lain diminta untuk mengajukan pertanyaan dan komentar terkait materi yang disajikan.

Setelah semua mahasiswa bertanya, kelompok presentasi memberikan jawaban terhadap semua pertanyaan atau komentar yang diajukan oleh peserta mat kuliah Lit. in ELT. Setelah itu, dosen pengampu memberikan penjelasan dan feed back terkait dengan kesalahan morphosyntaks atau kesalahan tata bahasa. Di ujung perkuliahan, dosen pengampu juga senantiasa mengingatkan mahasiswa untuk Stay at Home and do all academic tasks. (star1)

Pos terkait