Maksimalkan Pembelajaran Daring, Pemkab Gowa Bagikan Kuota Internet buat 72.200 Siswa

STARNEWS.ID, GOWA — Masih di tengah pandemi virus korona, proses belajar-mengajar mesti dipacu melalui sistem dalam jaringan (daring). Demikian pula di Gowa.

Bacaan Lainnya

Menunjukkan atensi terhadap aktivitas pentransferan ilmu pengetahuan secara daring, Pemkab Gowa membagikan kuota internet, setidaknya buat 72.200 siswa.

Pemberian kuota internet 7,5 gigabyte (GB) per siswa itu juga sebagai kesiapan Pemkab Gowa menjelang Tahun Ajaran 2020/2021 yang dijadwalkan pada 13 Juli 2020 mendatang.

“Mengingat kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Gowa masih cukup tinggi. Sehingga tidak dimungkinkan untuk melakukan belajar mengajar dengan sistem tatap muka di sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Dr Salam saat penyerahan kuota internet di Baruga karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Kamis (9/7/2020)

Pemberian kuota gratis ke siswa mengunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berdasarkan instruksi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Tujuannya untuk memotivasi siswa mengikuti pembelajaran meskipun dengan sistem daring.

Salam menyebutkan, dari total siswa yang diberikan kuota gratis, sekitar 76 persen telah tersalurkan. Sedangkan yang belum menerima itu lantaran beberapa siswa berada di daerah yang belum memilliki jaringan.

“Itu yang paling banyak. Penyebab ke dua masih ada anak kita yang belum punya alat komunikasi berupa handphone,” katanya.

Sementara untuk siswa yang yang belum menerima kuota internet, akan dilakukan pembelajaran berbasis rumah. Kelak, siswa akan dikunjungi oleh para guru agar tetap bisa memenuhi haknya di masa pandemi Covid-19 ini.

Sekda Gowa, Muchlis mengatakan, dengan adanya kuota gratis tersebut pembelajaran bisa tetap berjalan dengan baik dan berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya khususnya untuk proses belajar daring.

“Kami titip pesan kepada Korwil dan kepala sekolah untuk senantiasa memperkaya konten dan aplikasi yang dikembangkan dalam sistem pembelajaran di tengah Covid-19 ini,” harap Muchlis.

Mewakili orang tua siswa, Rosiana mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan kuota internet tersebut. Apalagi, menurut dia, memiliki tiga anak yang mengikuti pembelajaran sistem internet membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Ini sangat bermanfaat karena memang kuota internet ini sudah merupakan kebutuhan tambahan,” ucapnya warga BTN Ando Tonro Permai ini.

Penyerahan Kuota internet ini diserahkan langsung oleh Manager Branch Telkomsel Makassar, Andi Reza  kepada Sekkab Gowa, Muchlis yang kemudian diserahkan kepada perwakilan kepala sekolah, siswa dan orang tua siswa. (rls/dam)

Pos terkait