Masyarakat Lutra Antusias Ikuti Pelatihan dari Tim Pengabdi FE-UNM

Suasana kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Terpadu di Kabupaten Luwu Utara. (foto ist)

STARNEWS.ID, LUWU UTARA – Sejumlah dosen Jurusan Ilmu Akuntansi yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Terpadu di Kabupaten Luwu Utara. Kegiatan tersebut terlaksana pada tanggal 11 sampai 13 September 2020 lalu.

Kegiatan berlangsung di Desa Munte, Kecamatan Tana Lili yang dihadiri oleh lebih dari 50 warga dan tokoh masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Dosen-dosen yang hadir sebagai nara sumber diantaranya Samirah Dunakhir, S.E., M.Buss., Ph.D., Ak., CA. (Wakil Dekan); Dra. Hariany Idris, M.Si. (Kajur Ilmu Akuntansi); Mukhammad Idrus, S.E., M.Si., Ak., CA. (Kaprodi S1 Akuntansi); Masnawaty S., S.E., M.Si., Ph.D., Ak., CPA. (Kaprodi D4 Akuntansi); Dr. Nur Eny P., M.SA., Ak., CA.; Azwar Anwar, S.E., M.Si., Ak., CA.; Nur Afia, S.E., M.Si., Ak., CA.; Hajrah Hamzah, S.E., M.Si., Ak., CA.; Warka Syachbrani, S.E., M.Sc., Ak., CA. dan Drs. Anwar Kadir, M.Ak. Ibu Wakil Dekan 1 FE-UNM, Samirah Dunakhir, membuka acara tersebut sebagai perwakilan dari UNM.

“Kegiatan seperti ini rutin setiap tahun kami selenggarakan sebagai bagian dari Tri Dharma Pendidikan Tinggi yang merupakan kewajiban kami sebagai pengajar di perguruan tinggi.” ungkap Samirah Dunakhir saat membuka kegiatan.

Kegiatan tersebut berupa pelatihan penerapan teknologi tepat guna dan diseminasi ilmu pengetahuan bidang akuntansi dan keuangan kepada masyarakat Desa Munte.

Menurut panitia, kegiatan ini sendiri merupakan rangkaian dari pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2020 pada semua fakultas di Universitas Negeri Makassar dibawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).

“Kegiatan semacam ini kami laksanakan secara rutin setiap tahun pada tempat yang berbeda-beda. Dua tahun sebelumnya kami laksanakan di Kabupaten Enrekang, kemudian di Kota Makassar, dan tahun ini di Kabupaten Luwu Utara. Entah dimana lagi pelaksanaannya tahun depan, bisa tempat lain, bisa pula di tempat yang sama, tergantung bagaimana pertimbangan tim ketika menyusun proposalnya.” kata Ketua Panitia Penyelenggara, Warka Syachbrani.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat mengingat pelaksanaannya pada saat pandemi virus Covid-19. Seperti, pelaksanaan di ruang terbuka, memberi jarak duduk antar peserta, cuci tangan ketika registrasi, pembagian masker dari panitia, serta pemberian handsanitiser ketika kegiatan selesai kepada masing-masing peserta.

Warga dan tokoh masyarakat yang hadir sangat antusias atas terselenggaranya kegiatan ini. Muhammad Akbar Abubakar, salah satu tokoh masyarakat yang hadir menyampaikan apresiasi dan berharap kegiatan seperti ini rutin diselenggarakan.

“Kami sangat berterima kasih karena pihak UNM sudah mau datang jauh-jauh ke kampung kami dan melaksanakan acara ini. Seandainya memungkinkan, kami harap tahun depan bisa dilaksanakan lagi disini (Desa Munte)” kata Akbar ketika memberikan tanggapannya. (uba)

Terkait