Mau Naik Pangkat, ASN di Gowa Wajib Kantongi Sertifikat Vaksin Covid

Lembaran surat edaran Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan terkait persyaratan sertifikat vaksin bagi ASN yang ingin naik pangkat. (Foto : Juned)

STARNEWS.ID,GOWA—- Sertifikat Vaksin Covid-19 menjadi keharusan bagi ASN di Kabupaten Gowa. Terutama ASN yang ingin naik pangkat. Wajib mengantongi sertifikat vaksin Covid-19.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Nomor 800/924 /BKPSDM /21.

Bacaan Lainnya

Point pertama huruf a pada Surat Edaran itu tertera bahwa salah satu jenis yang mensyaratkan Sertifikat Vaksin Covid-19 adalah layanan pengusulan kenaikan pangkat PNS.

Adnan mengatakan kebijakan ini sebagai upaya Pemkab Gowa dalam mensukseskan percepatan penanganan Covid-19 sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor : 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Disease-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah.

“Oleh karena itu untuk mencegah
dan meminimalisasi penyebaran Virus Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gowa maka disampaikan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil yang ingin naik pangkat agar menyertakan Sertifikat Vaksin Covid-19,” tulis Adnan dalam Surat Edarannya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Muh Basir menyebutkan, persyaratan sertifikat vaksin bukan hanya berlaku pada kenaikan pangkat.

Tetapi semua jenis pelayanan di BKPSDM mensyaratkan sertifikat vaksin. Di antaranya layanan mutasi pegawai, pengurusan tanda jasa satya lencana, layanan pengurusan berkas pensiun, layanan pengajuan Cuti PNS.

Juga layanan pembuatan kartu pegawai, layanan pembuatan kartu taspen, dan layanan pembuatan kartu suami/istri.

Termasuk layanan rekomendasi surat ijin belajar dan tugas belajar, layanan tes ujian dinas dan penyesuaian ijazah, pelatihan dasar CPNS/Prajabatan, pelatihan kepemimpinan dan diklat teknis/fungsional.

Olehnya itu, Muh Basir berharap ASN yang belum divaksin untuk segera ikut program vaksinasi massal yang saat ini dilaksanakan oleh Pemkab Gowa di seluruh Kecamatan.

“Sebagai ASN mari jadi contoh dan inspirator bagi masyarakat lain, ajak masyarakat ikut vaksin. Sementara bagi ASN yang tidak bersyarat melakukan vaksin bisa Surat Keterangan dari Dokter Ahli sebagai pengganti sertifikat vaksin,” katanya.(rus)


Pos terkait