Media Gathering dan AJP 2020 (1) Pesona Pantai Bara yang Menawan

Suasana snorkling di Pulau Kambing, yang ditempuh sekitar 30 dari Pantai Bara. (foto ist)

Pagi-pagi, WhatsApp Grup (WAG) sudah tak henti berdering mengabarkan rencana Media Gathering Pertamina MOR VII yang akan berangkat ke Pantai Bara, Kabupaten Bulukumba. Satu persatu peserta dari sejumlah media sudah merapat di Kantor Pertamina di Jalan Garuda, Makassar, Jumat (13/11/2020).

Berbekal selembar surat rapid test dan bukti ikut dalam Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2020, yang merupakan tiket untuk bergabung dalam tour kali ini. Sedikitnya 41 peserta dari media cetak, elektronik dan daring meluangkan waktu mengikuti prosesi Media Gathering tersebut.

Bacaan Lainnya

Sebelum berangkat, lambung tengah peserta harus diisi sehingga tidak masuk angin dalam perjalanan ke Butta Panrita Lopi tersebut.  Menumpang dua bus pariwisata, peserta dibagi dalam dua bus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Maksudnya, mereka tetap menggunakan masker dan menjaga jarak dalam bus. Begitu kata, panitia AJP 2020, Taufiq Kurniawan.

Tepat pukul 07.30 wita, rombongan berangkat menyusuri Jalan Tanjung Metro, Barombong dan tiba di Desa Moncobalang, Gowa untuk meliput Pertashop, yang beberapa waktu lalu didirikan Pertamina.

Apresiasi Pertashop

Pertashop ini berdiri di lahan yang cukup luas di desa Moncobalang, Kecamatan Galesong, Kabupaten Gowa. Keberadaannya memang sangat dinantikan, karena sebelumnya warga setempat harus menempuh lima kilometer untuk mendapatkan bahan bakar minyak (BBM).

Inilah Pertashop yang berada di Desa Moncobalang, Kabupaten Gowa. (foto : ist)

Ini dibenarkan Camat Barombong, yang juga merangkap sebagai Plt. Kepala Desa Moncobalang, Anwar Asru saat berada di tengah-tengah awak media peserta AJP 2020. Karena itulah, Anwar mengapresiasi kerjasama dengan Pertamina dengan pemerintah setempat mendirikan pertashop di tengah pemukiman.

Sementara itu, Jr Officer Communication and Relations Pertamina MOR VII, Denny Saputra Ramadhan mengatakan kalau hadirnya Pertashop tersebut untuk mendekatkan warga dengan layanan BBM berkualitas dengan harga merata di seluruh Sulsel.

Pesona Pantai Bara

Usai melaunching Pertashop Moncobalang, rombongan kembali bergerak menuju Bantaeng. Namun tepat di Pantai Marina, peserta beristirahat dan menunaikan salat Jumat. Sambil melepas penat dan  beberapa diantaranya menyeruput kopi atau juice sambil bercengkerama.

Puas menikmati suasana di tempat tersebut, kembali para peserta melanjutkan perjalanan. Sore hari, rombongan tiba di Pantai Bara, Rupanya agenda watersport dan enjoy sunset sudah dimulai, meski banyak peserta terlihat masih malu-malu menikmati pasir putih dan hembusan angin manja pantai tersebut.

Beberapa diantaranya langsung memesan kelapa muda, untuk melepas dahaga sehabis perjalanan jauh. Begitupun dengan pisang goreng dan sambel tidak luput dari sasaran, menjadi santapan pendamping. Bunda Yukoana dari MOR VII, berusaha mengajak peserta untuk menikmati pesona Pantai Bara, dengan naik Banana  dan Donat Boat.

Nah, kesempatan ini dimanfaatkan sejumlah peserta untuk mencoba permainan laut yang cukup menantang ini. Meskipun beberapa diantaranya nekad disertai perasaan waswas. Nampak keseruan tergambar setelah mereka mencoba melawan rasa takut   yang dirasakan.

Sehabis berendam di pantai, mie siram instan dicampur telur jadi sasaran berikutnya untuk dinikmati saat perut perut kosong kedinginan. Bahkan diantaranya banyak yang berbasah-basah, karena tidak sempat mengganti dengan pakaian kering, menuju  penginapan, Same Resort untuk check in dan clean up.

Gala Dinner

Memasuki lokasi Gala Dinner dan Malam Keakraban di Poolsite Same Resort, peserta disambut potluck yang menawarkan beragam cendramata menarik. Usai santap malam, Bunda Yukoana yang memandu acara malam itu, menjadi semakin menarik.

Unit Manager Comm, Rel & CSR, Laode Syarifuddin Mursali dalam sambutannya mengapresiasi awak media yang mengikuti Media Gathering 2020, utamanya yang mengirimkan naskah dalam Anugerah Jurnalistik Pertamina 2020. Laode berharap kalau tahun ini, peserta dari MOR VII bisa meraih pemenang pertama dalam ajang tahunan tersebut. (*/uba)

 


Pos terkait