Memperingati HUT Kabupaten Maros Ke-62, Karang Taruna Kecamatan Bontoa Gelar Diskusi Sejarah Bontoa Sebagai Penguatan Identitas

Diskusi sejarah Bontoa sebagai penguatan identitas dalam rangka HUT kabupaten Maros ke- 62 tahun, Minggu (4/7/2021) (Foto ist)

STARNEWS.ID, MAROS – Sejarah masa lampau sebagai penguatan identitas dalam menemukan dan menguatkan jati diri, serta pengetahuan ideologi, system pemerintahan atau kerajaan, teknologi dan karakter masyarakat.

Hal itu di ungkapkan Misbahuddin Nur sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros pada diskusi penguatan identitas di Bontoa dalam rangka hari jadi Butta Salewangang Kabupaten Maros yang ke – 62, Minggu (4/7/2021).

Misbahuddin Nur atau yang akrab disapa Boddonk ini mengatakan kami sebagai generasi masyarakat Bontoa perlu memahami sejarah masa lampau.

Kami merasa risau, sebab kurangnya literatur dan referensi terkait sejarah Bontoa. Katanya

Khawatir tentang kekuatan pondasi sejarah, Kerisauan ini membuat generasi pelanjut di Bontoa mencari jejak – jejak masa lampau.

Atas kekhawatiran tersebut kami mengundang Muhammad Aspar sebagai penulis Buku Sejarah Kekaraengan Bontoa sebagai keturunan Karaeng Bontoa untuk melakukan diskusi.

Penelusuran jejak sejarah dengan pendekatan data dan mensikronisasikan informasi dari berbagai sisi hingga dibuatnya rumusan dan disusun menjadi sebuah buku history bontoa.

Lebih lanjut, Boddonk mengaku telah menemukan pendalaman sejarah dari ulasan Daeng Asho yang bahkan dikutip sumber literatur penulis belanda, hingga sampai mengawinkan Lontara Patturioloang sebagai bagian kuat dari penjejakan sejarah kekaraengan Bontoa.

Muhammad Aspar sebagai Narasumber diskusi tersebut mengatakan penguatan identitas Bontoa ini telah tertuang dalam buku Sejarah Kekaraengan Bontoa sejak tahun 2011 silam.

Pemaparan Muhammad Aspar terkait Sejarah Bontoa

Jadi sudah jelas kita mengungkap kejelasan sejarah yang tak lagi bias sesuai data dan literatur Sejarah Bontoa mulai dari runutan, siapa raja pertama, dan dari mana asalnya. Kata Aspar (*/fad)


Pos terkait