Menuju Zero Covid-19, RSUD Haji Sterilkan Ruangan Perawatan

Humas Rumah Sakit Haji Makassar, Muhsin. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Makassar mensterilkan seluruh ruangan perawatannya, sebagai bentuk upaya menjadikan rumah sakit ini zero Covid-19. Rencananya, seluruh ruangan perawatan akan dioperasikan kembali pada tanggal 8 Juni 2020 mendatang.

“Ada info beredar kalau kami merumahkan karyawan. Jadi bukan merumahkan, tapi kami sedang mensterilkan seluruh ruangan kantor dan ruang perawatan,” kata Muhsin, Humas RSUD Haji Makassar, Rabu, 3 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

Ia juga menginformasikan kepada seluruh masyarakat, bahwa RSUD Haji Makassar tidak merawat pasien Covid-19. “Yang dilakukan hanyalah pemeriksaan penunjang, dan jika ada indikasi akan langsung dirujuk,” tegasnya.

Berdasarkan Surat Edaran No 440. 1.1/04464/DISKES tentang Alur Rujukan Penanganan Pasienn Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan, kedudukan RSUD Haji bukan lagi sebagai RS Rujukan dan RS Penyangga. Oleh sebab itu, pihak menajemen RSUD Haji mengadakan pertemuan pada tanggal 6 Mei 2020 dan 2 Juni 2020.

“Hasil kesepakatan dari pertemuan itu menyatakan bahwa semua ruangan kita sterilkan dan memposisikan RSUD Haji zero Covid-19. Bukan berarti kita mengabaikan pasien Covid-19, cuma kalau pemeriksaan penunjang mendukung, maka dirujuk ke Rumah Sakit Dadi, Rumah Sakit Sayang Rakyat, dan Rumah Sakit Daya sesuai anjuran Bapak Gubernur,” jelas Muhsin. (uba)

Terkait