Merasa Ditipu, Warga Makassar Laporkan Bupati Konut ke Mapolda Sultra


STARNEWS.ID, KENDARI — Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin dilaporkan ke Mapolda Sultra atas dugaan tindak pidana penipuan.

Orang nomor satu di pemerintahan berjuluk Bumi Oheo itu dilaporkan oleh seorang warga Kota Makassar bernama Hansen pada 5 Agustus 2020.

Hansen menjelaskan kronologi tindakan penipuan yang dialaminya. Dikatakannya, pada 2016 lalu, dirinya dipanggil oleh Ruksamin di rumah jabatan (Rujab) Bupati Konut, di Kelurahan Wanggudu, Kecamatan Asera.

Kemudian, lanjutnya, Ruksamin meminta kepada dia untuk mengerjakan interior ruang kantor kerja Bupati dan Wakil Bupati.

“Pak Ruksamin meyakinkan kepada saya, bahwa nantinya pekerjaan tersebut akan di bayarkan. Pak Ruksamin memerintahkan kepada saya, agar saya membuat interior yang terbaik dan sebagus mungkin, sehingga saat itu saya langsung mengerjakan pekerjaan tersebut dengan menggunakan dana pribadi kurang lebih sebesar Rp1,5 miliar,” beber Hansen, saat dikonfirmasi via WhatsApp, Senin (17/8/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pekerjaan tersebut selesai dikerjakan pada Juni 2016 lalu. Selanjutnya, Hansen memperlihatkan invoice rincian anggaran yang telah dikeluarkan untuk membiayai pekerjaan tersebut.

Melalui invoice itu, ia bermaksud menagih. Namun, kata Ruksamin, biaya tersebut akan dianggarkan seraya mengarahkan Hansen untuk bertemu Kabag Umum Konut, Asmiadin untuk membahas penganggaran tersebut.

Lanjut, Hansen pun menemui Kabag Keuangan Konut, Marten atas perintah dan arahan Bupati dan Kabag Umum Konut untuk dikordinasikan penganggaran pekerjaan tersebut. Akan tetapi, tidak ada titik terang saat itu.

Karena tidak adanya kejelasan mengenai penganggaran pekerjaan tersebut dari pihak Pemda, maka Ruksamin menyampaikan bahwa anggaran yang dimaksud akan diselesaikan secara pribadi.

“Tapi, saya beberapa kali menagih kepada Pak Ruksamin, namun hingga saat ini belum dibayarkan. Pak Ruksamin hanya berjanji akan membayar. Akibatnya, saya mengalami kerugian kurang lebih Rp1.538.586.250,” katanya.

Hingga berita ini dipublish, Bupati Konut, Ruksamin belum bisa dikonfirmasi. (*)

Pos terkait