Pulau Lakkang Miliki Tiga Rumah Panggung dari Bambu

Suasana peresmian tiga rumah panggung di Pulau Lakkang. (foto humasmakassar)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb meresmikan tiga rumah panggung yang dibangun atas swadaya masyarakat di Pulau Lakkang, Senin, (2/12/2019).

Iqbal yang tiba di pulau Lakkang bersama ketua DPRD kota Makassar Rudiyanto Lallo disambut tari Paduppa serta atraksi Paraga yang dibawakan warga kelurahan Lakkang, kecamatan Tallo.

Muat Lebih

Dalam sambutannya di hadapan warga pulau Lakkang, Iqbal menyampaikan apresiasinya kepada balai Litbang Perumahan Wilayah lll Kementrian PUPR yang telah memasukkan program kegiatannya di pulau Lakkang .

“Mudah-mudahan dengan adanya pembangunan rumah secara swadaya ini, dapat meningkatkan kualitas perumahan di Lakkang, apalagi wilayah Lakkang termasuk dalam kawasan wisata sehingga dengan adanya percontohan model rumah panggung yang bahan utamanya asli dari bambu bisa menunjang pariwisata karena dapat dijadikan home stay bagi wisatawan yang mengunjungi pulau Lakkang ini,” ucapnya.

Iqbal juga mengapresiasi Litbang Perumahan Wilayah lll melaksanakan program pelatihan pengelolaan tanaman bambu yang banyak tumbuh di pulau Lakkang.

“Semoga setelah pelatihan pengelolaan bambu, bukan saja memperbaiki rumah bambu melainkan nanti bisa membuat papan-papan dari bambu maupun kerajinan lainnya dari bambu,” jelasnya.

Iqbal berharap tidak hanya tiga rumah saja yang dibangun namun bisa dibangun hingga puluhan rumah panggung secara swadaya dan berkesinambungan.

“Dengan adanya pengelolaan yang baik dengan fasilitas yang nyaman dan bersih tentunya akan meningkatkan kunjungan wisatawan, apalagi home stay ditawarkan melalui website tentunya semakin cepat diakses oleh wisatawan yang akan berkunjung ke pulau Lakkang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Litbang Wilayah lll Sugeng Paryanto mengatakan penerapan pembangunan rumah panggung di Lakkang tidak lepas dari menggunakan material dari pulau Lakkang sendiri.

“Di zaman modern, rumah tradisional panggung sudah sangat jarang dibangun oleh generasi muda namun untuk menjaga tradisi budaya di pulau Lakkkang yang juga sebagai kawasan wisata di Makassar kami masih membangun dengan sumber material yang ada di Lakkang,” ucapnya.

Ketua DPRD Kota Makassar Rudiyanto Lallo berharap dengan adanya peresmian tiga rumah panggung dari Litbang Perumahan Wilayah lll, selanjutnya dapat membangun dua puluh hingga tiga puluh rumah di Lakkang.

“Dengan adanya pembangunan rumah panggung seperti ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan serta meningkatkan pendapatan warga dari sektor perikanan dan pertanian,” harapnya.

Nampak menyertai Iqbal di kesempatan tersebut Kadis Perikanan dan Pertanian Rahman Bando, Kadis PTSP Andi Bukti Jufri, Kadis Perumahan Faturahman Rahim, Camat Tallo Zaenal Andi Takko serta lurah se-kecamatan Tallo. (humasmakassar/star1)

Pos terkait