Minim Kesadaran Masyarakat Picu Sampah Berserakan di Gowa

Area pembuangan sampah di Jalan HM Yasin Limpo tampak bersih saat diabadikan Rabu (19/5/2021) berkat kesigapan petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gowa. (Foto : Rusli Haisarni)

STARNEWS.ID,GOWA— Produksi sampah di Kabupaten Gowa terbilang besar. Dalam sekejap saja, tumpukan sampah memenuhi kontainer.

Tak hanya itu. Pada titik titik tertentu, sampah berserakan juga sangat gampang dijumpai. Salah satunya di Jalan HM Yasin Limpo-Poros Pattallassang.

Sebetulnya, instansi terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gowa telah berupaya memaksimalkan penanganan sampah.

Selain menyiapkan puluhan armada, jadwal pengangkutan sampah juga sudah disusun sedemikian rupa. Hanya saja, minimnya kesadaran masyarakat, menjadi pemicu banyaknya sampah berserakan.

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan DLH Kabupaten Gowa, Abidzar Husain mengatakan, jadwal pengangkutan sampah dilakukan secara teratur setiap hari.

Khusus yang di Jalan HM Yasin Limpo, pengangkutan sampah dilakukan setiap sore. Yaitu pukul 17.00 WITA.

“Sebenarnya area HM Yasin Limpo itu di luar jangkauan pelayanan kami. Tapi tetap kita tangani,” ujar Abidzar, Rabu (19/5/2021).

Abidzar tak menampik masih ada sebagian oknum masyarakat yang membuang sampah bukan pada tempatnya.

Oleh karena itu, Ia berharap dukungan semua lapisan masyarakat dalam menjaga lingkungan. Dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, sehingga kota Sungguminasa ini terlihat lebih bersih lagi.

“Harapannya masyarakat bisa menempatkan sampahnya di dalam tempat yang sudah disediakan kamase,” pinta Abidzar. (rus)


Pos terkait