Natal 2021, Arus Penumpang Pelabuhan Makassar Meningkat 32,38 Persen

Ruang Menyusui di Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar. (foto dok pelindo IV)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Jelang Natal dan Tahun Baru 2021, PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/Pelindo mencatat adanya peningkatan arus penumpang kapal khususnya di Pelabuhan Makassar sebesar 32,38 persen dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun lalu.

General Manager Pelindo Regional 4 Makassar Enriany Muis mengatakan, peningkatan tersebut diperoleh dari aktivitas arus naik dan turun penumpang kapal di Pelabuhan Makassar saat H-7 hingga H-4 Natal tahun ini.

Bacaan Lainnya

“Dibandingkan H-7 hingga H-4 Natal tahun lalu, jumlah penumpang yang naik dan turun mengalami peningkatan sebesar 32,38%, yaitu dari 5.105 orang menjadi 6.758 orang pada periode yang sama tahun ini,” sebut Enriany.

Mengingat Indonesia masih belum lepas dari pandemi Covid-19, Pelindo tetap menghimbau masyarakat yang hendak menggunakan moda transportasi laut untuk
selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan Covid-19.

“Untuk prokes tetap diberlakukan, termasuk kami siapkan 2 bilik disinfektan di terminal penumpang,” katanya.

“Kami juga memasang spanduk himbauan terkait prokes pencegahan penularan Covid19, dan menyiapkan alat pengukur suhu bagi calon penumpang kapal,” ujarnya.

Terkait kenyamanan dan keamanan penumpang lanjut Enriany, Pelindo juga telah menyiapkan koneksi dan perlengkapan CCTV yang memadai di ruang tunggu terminal
penumpang.

Manajemen Pelindo juga telah menyiapkan berbagai fasilitas di Pelabuhan Makassar seperti area atau ruangan untuk beristirahat bagi penumpang lanjutan, alat bantu berupa kursi roda untuk penumpang penyandang disabilitas, serta ruang khusus menyusui.

“Kami juga senantiasa melakukan update jadwal kapal untuk lebih memudahkan penumpang memantau keberangkatan yang akan dilakukan,” tukas General Manager Pelindo Regional 4 Makassar.

Enriany menambahkan, sejak H-7 Pelindo bersama dengan instansi terkait di Pelabuhan Makassar juga telah mendirikan posko bersama Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 untuk lebih memudahkan pemantauan arus penumpang kapal khususnya di Pelabuhan Makassar.(*/uba)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *