Nginap Dua Hari, Gubernur dan Istri Bakal Ikuti ‘Mattompang Arajang’

STARNEWS.ID, BONE – Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah dan Ketua PKK Sulawesi Selatan, Lies F. Nurdin melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Kabupaten Bone, dari Jumat (5/4/2019) hingga Sabtu (6/4/2019).

Nurdin dan Lies akan menghadiri rangkaian acara pada HUT Ke-689 Kabupaten Bone dan sejumlah rangkaian acara adat.

Bacaan Lainnya

Di hari pertama pada pukul 08.00 Wita bersama rombongan didampingi Bupati Bone, Andi M. Fashar Padjalangi beserta istri Kurniaty Fashar menuju ke Pelataran Rumah Jabatan Bupati Bone dalam acara penerimaan secara adat Gubernur Sulawesi Selatan oleh Pemerintah Kabupaten Bone sebagai rangkaian Hari Jadi Bone ke-689.

Pada pukul 09:00 Wita di Aula Rumah Jabatan Bupati Bone untuk Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Forum Komunikasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Kerjasama Penasehat Bumdes dan Bumdesma Kabupaten Bone Periode 2018-2021 oleh Gubernur Sulawesi Selatan.

Selanjutnya Gubernur Sulawesi Selatan dijadwalkan melaksanakan shalat Jumat di Masjid Raya Al Markaz Al Marif, Bone.

Gubernur Sulsel dan istri bakal menginap di Bone selama dua hari untuk menyaksikan beragam prosesi adat. (foto : humaspemprov)

Pada hari kedua, Sabtu (6/4/2019) Gubernur beserta Istri Lies Nurdin pada pukul 08.00 Wita tiba di Rumah Jabatan Bupati Bone disambut oleh Bupati Bone Istri Kurniaty Fashar dan Forkopimda Kabupaten Bone. Kemudian menuju Lapangan Merdeka dengan berjalan kaki untuk menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Jadi Bone ke-689 dan Mattompang Arajang.

Untuk prosesi Mattompang Arajang menyambut hari jadi Bone ini, Pemerintah Kabupaten Bone telah menggelar ritual adat Pra Mattompang Arajang di Museum Arajange Kompleks Rujab Bupati Bone, Kamis, (4/4/2019).

Kegiatan pra ini dilaksanakan sehari atau dua hari sebelum melaksanakan Ritual Mattompang Arajang yang sesungguhnya. Ritual adat dan sakral ini dilakukan untuk menyucikan benda-benda kerajaan. Proses penyucian itu dilaksanakan oleh para Bissu.

Usai menghadiri puncak acara, Gubernur dan rombongan akan menuju ke Kabupaten Toraja Utara dan Kota Palopo. Sebelumnya telah melakukan roadshow kunjungan kerja Bulukumba, Bantaeng dan Sinjai guna bersilaturahmi dengan masyarakat.

“Tentu sebagai pejabat baru saya berkewajiban untuk keliling di Sulsel. Sebentar siang di Sinjai, sebentar malam di Bone dan selama dua hari disana,” ungkap Nurdin Abdullah saat berada di Bulukumba, Kamis (4/4/2019) kemarin.(star1)


Pos terkait