Pacu Peningkatan Layanan Publik, Dilan Siapkan Fasilitas Penunjang buat Aparat RT/RW

STARNEWS.ID, MAKASSAR — Mobilitas para aparat RT/RW masih terbatas. Selain minimnya insentif, juga disebabkan belum semuanya dibekali kendaraan penunjang.

Hal itu pula yang jadi perhatian pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal (Deng Ical)-Fadli Ananda. Duet yang dikenal dengan akronim Dilan itu pun berkomitmen akan meningkatkan pelayanan publik hingga tingkat RT/RW.

Bacaan Lainnya

Salah satu upaya yang berkenaan dengan hal itu, yakni mencanangkan program Go Dilan atau Dilan Cepat. Dengan menyiapkan kendaraan dinas (randis) berupa sepeda motor di setiap RT/RW di Kota Makassar.

Deng Ical menuturkan, keberadaan sepeda motor itu akan menunjang peningkatan kinerja petugas setempat dalam memberikan layanan publik.

“Salah satu yang menjadi atensi dalam program-program Dilan adalah pelayanan publik. Di mana ujung tombaknya adalah petugas RT/RW. Makanya, selain melakukan penyesuaian instentif untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, juga kita siapkan sepeda motor dalam menunjang tugas, meningkatkan mobilitas demi pelayanan publik,” ujar dia, Senin (5/10/2020).

Keberadaan sepeda motor untuk RT/RW, kata Deng Ical, akan sangat mendukung upaya pelayanan direct home service yang dicanangkan Dilan. Kelak, para petugas RT/RW dituntut lebih serius dan aktif menjalankan amanah menjembati pemerintah dan masyarakat dalam pembayaran PBB, iuran sampah dan tagihan lainnya. Termasuk layanan pengurusan berkas administrasi kependudukan.

“Jadi sepeda motor itu diberikan dibarengi dengan tanggung jawab pemeliharaan dan peningkatan kinerja. Sepeda motor RT/RW itu akan sangat menunjang layanan direct home service berupa pembayaran PBB, iuran sampah dan tagihan lainnya serta layanan berkas administrasi kependudukan,” terang kader tulen Muhammadiyah itu.

Selain fasilitas sepeda motor dan penyesuaian insentif, Dilan juga memastikan akan menyiapkan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan untuk petugas RT/RW. Menurut Deng Ical, hal tersebut merupakan bagian dari upaya perlindungan terhadap mereka yang membantu tugas-tugas pemerintahan. (*/dam)


Pos terkait