Parepare Raih Penghargaan Kota Inovatif 2020 dari Kemendagri 

Suasana saat Wali Kota Parepare menerima Penghargaan Kota Inovatif 2020 dari Kemendagri. (foto humaspare)

STARNEWS.ID, JAKARTA – Penghargaan membanggakan kembali diraih Kota Parepare. Daerah yang dinakhodai  Taufan Pawe itu ini, terpilih sebagai kota terinovatif di Indonesia selama tahun 2020.

Penghargaan ini diterima langsung Wali Kota Parepare dari Menteri Dalam Negeri melalui Sekjen Kemendagri, Muh. Hudori pada malam penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (18/12/ 2020).

Bacaan Lainnya

Kota Parepare berhasil meraih penghargaan Kota Terinovatif 2020, dibawah kepemimpinan Taufan Pawe. (foto humaspare)

Kabag Organisasi Pemkot Parepare, E. W Ariyadi, yang mendampingi Walikota Parepare pada acara ini, menjelaskan, penghargaan IGA 2020 dimaksudkan mengukur inovasi pemerintahan daerah guna mendorong daya saing daerah.

Anugerah ini digelar Kemendagri untuk kesekian kalinya itu, mencakup tiga komponen, yakni tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi dalam bentuk lainnya.

“Kementerian dalam negeri melakukan penilaian terhadap seluruh kinerja pemerintah daerah dengan mengukur indeks inovasi daerah melalui dua aspek, yakni aspek satuan pemerintahan daerah dan aspek satuan inovasi, ” papar Eko, panggilan akrab E. W Ariyadi.

Eko menjelaskan, penghargaan Innovative Government Award 2020 meliputi lima kategori, yakni provinsi sangat inovatif kabupaten sangat inovatif, kota sangat inovatif, daerah perbatasan sangat inovatif dan daerah tertinggal sangat inovatif.

“Alhamdulillah Kota Parepare ditetapkan sebagai salah satu kota sangat inovatif, dari 33 Kota seluruh indonesia yang mendapatkan penghargaan, ” kata Eko.

Selain Parepare, untuk Sulawesi Selatan ada tiga daerah lain yang ikut menerima penghargaan, yakni Kota Makassar, Pangkajene Kepulauan, dan Jeneponto. (*/uba)


Pos terkait