Pastikan Hak Kepemilikan, Calon Investor Pulau Lantigiang Klaim Terima Restu dari Dispar

Perpanjangan tangan calon investor pariwisata Pulau Lantigiang, Selayar, Zaenuddin.

STARNEWS.ID, SELAYAR — Calon investor siap mengembangkan Pulau Lantigiang di Desa Jinato Kecamatan Takabonerate, Kepulauan Selayar sebagai lokasi wisata.

Bacaan Lainnya

Namun untuk itu membangun objek wisata di lahan seluas 5 hektare itu, masih harus menunggu rekomendasi dari Balai Taman Nasional (TN) Takabonerate.

Sekadar untuk diketahui, lokasi Pulau Lantigiang berada dalam kawasan Taman Nasional Takabonerate.

Perpanjangan tangan calon investor Pulau Lantigiang, Zaenuddin P menyatakan, pihaknya telah melengkapi dokumen yang berkenaan pembebasan lahan Pulau Lantigiang. Sebelum itu, juga telah membayar tanda jadi sebesar Rp10 juta yang dilakukan pada tahun 2017 lalu.

“Sebagai calon investor kami mencari amannya dulu dari ahli waris sebagai pemilik dan akhirnya dari lebih sepuluh pemilik, mereka sepakati satu atas nama, untuk dialihkan ke Asdianti sebagai atas nama pemilik,” aku Zaenuddin melalui telepon di Benteng, Sabtu (11/7/2020).

Perlu diketahui, ada sejumlah syarat dari peraturan Dirjen Lingkungan Hidup dan Konservasi. Di antaranya, harus ada rekomendasi tehnis dari pemerintah setempat maupun instansi terkait. Dalam hal ini, yakni dari Balai TN Takabonerate serta Dinas Pariwisata (Dispar).

“Olehnya itu kami bermohon ke Balai TN Takabonerate untuk mendapatkan rekomendasi itu, selaku tim tehnis. Khusus Dinas Pariwisata atas nama Pemerintah Kabupaten, sudah ada izin lokasi,” aku Zainuddin.

Ia pun menyatakan, kehadiran investor, dan dengan semakin berkembangnya Pulau Lantigiang kelak tentu akan berbuah kemajuan buat Selayar juga. (zal/dam).

Pos terkait