Peduli Lutra, Pemkab Gowa Luncurkan Empat Truk Bantuan

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melepas empat truk bermuatan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir bandang di Lutra, Kamis (23/7/2020).


STARNEWS.ID, GOWA — Di tengah upaya menggencarkan program wajib masker, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan juga tak tutup pada pada imbas banjir bandang di Luwu Utara (Lutra).

Bersama jajarannya di lingkup Pemkab Gowa, juga turut menyiapkan bantuan buat para warga yang terdampak banjir. Bantuan yang juga berasal dari masyarakat dan sejumlah organisasi sosial di Gowa tersebut didistribusikan dengan menggunakan empat truk.

Bacaan Lainnya

Adnan mengatakan, bantuan itu merupakan bentuk kepedulian dan panggilan nurani untuk membantu sesama yang tertimpa musibah di Luwu Utara khususnya di daerah Masamba.

“Bantuan yang kita berikan ini berasal dari seluruh elemen Kabupaten Gowa baik dari pemda, pramuka, organisasi sosial, hingga masyarakat,” ungkapnya saat melepas truk pengantar batuan di halaman Rujab Bupati Gowa, Kamis (23/7/2020).

“Bantuan ini tidak melihat berapa besar bantuan itu tetapi yang terpenting merupakan wujud nyata bahwa kita peduli dengan sesama,” imbuhnya.

Masih lekat diingatan Pemkab Gowa terkait banjir dan longsor yang menimpa Kabupaten Gowa tahun lalu dan bantuan terus berdatangan. Sehingga ketika daerah lain tertimpa musibah, dia pun merasa terpanggil untuk membantu sesama.

Kendati demikian, ia mengimbau, penyalurkan bantuan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Mudah-mudahan kita semua yang berangkat ke Masamba membawa bantuan diberikan keselamatan, dan saya titip tetap menjaga protokol kesehatan meskipun kita semua membawa misi kemanusiaan tetapi saya berharap tetap menjaga diri agar tidak tertular covid-19,” harap orang nomor satu di Gowa itu.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ikhsan Parawansah mengatakan hari ini pihaknya bersama beberapa relawan, organisasi sosial masyarakat, pramuka kwarcab Gowa, akan menyalurkan bantuan tersebut ke Luwu Utara.

“Bantuan kemanusian untuk saudara kita ke Luwu Utara itu beruapa bantuan kebutuhan dasar seperti air minum, beras, makanan siap saji, tenda, kelengkapan bayi, obat-obatan, dan kelengkapan lainnya yang dibutuhkan masyarakat Lutra saat ini,” ungkapnya.

Terkait penyaluran bantuan tersebut, Ikhsan mengaku akan membawa ke posko induk penanganan banjir di Masamba sesuai protap kebencanaan yang berlaku.

“Sesuai protap kebencanaaan kami bawa ke posko induk dan menyampaikan ini bantuan dari seluruh masyarakat, nanti pihak sana yang akan mendistribusikan,” pungkasnya.

Adapun bantuan tersebut berasal dari beberapa SKPD Gowa yakni Dinas Sosial, PPKB, BKPSDM, Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa, Kantor Lurah Limbung, Kalebajeng, Maccinibaji, Mata Allo, Tubajeng, Panyangkalang Kecamatan Bajeng, Solidaritas Gowa Community dan masyarakat Kabupaten Gowa. (rus/dam)

Terkait