Pekan Depan, UNM Siap Gelar Ujian Daring

Sekretaris JBSI FBS UNM, Dr Sultan, S Pd, M.Pd. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Dalam suasana Pandemi Covid-19, Pimpinan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) FBS UNM menggelar simulasi ujian secara online pada Sabtu, (4/4/2020).

“Hari ini, kami simulasi dua sesi pagi dan sore, dan mahasiswa juga ikut simulasi,” ujar Sekretaris JBSI FBS UNM, Dr Sultan, S Pd, M.Pd.

Bacaan Lainnya

Prof. Sukardi Weda, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FBS UNM, melaporkan bahwa ujian yang akan diadakan secara daring pekan depan, mulai hari Senin adalah ujian proposal, ujian hasil, dan ujian skripsi. Ujian tersebut akan diikuti oleh 27 mahasiswa JBSI dari tiga program studi, yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Sastra Indonesia, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD). Data-data atau informasi terkait dengan mahasiswa yang akan ujian beserta pengujinya dapat dilihat pada https://jbsiunm.ac.id/ujian/.

Dr Sultan selaku Sekjur JBSI FBS UNM mengatakan selama sepekan akan ada 27 mahasiswa yang ujian: proposal, hasil, skripsi dan persiapannya telah matang 100% tinggal menunggu pelaksanaanya.

Berkas-berkas dan mekanisme pelaksanaan ujian secara daring dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa secara online berupa panduan pelaksanaan ujian, panduan penilaian, dan panduan pelaksanaan ujian proposal, ujian hasil, dan ujian skripsi.

Untuk memperlancar pelaksanaan Ujian Daring, pihak FBS UNM mengadakan simulasi. (foto ist)

Persiapan Ujian

Berikut informasi penting kepada mahasiswa yang akan mengikuti ujian secara daring. Bagi mahasiswa yang akan ujian, perlu memperhatikan hal-hal berikut.

  1. Pastikan tersedia kuota data yang cukup untuk ujian daring selama 40 menit. Siapkan minimal 1 GB.
  2. Pastikan tersedia jaringan yang memadai. Jika tidak yakin, berpindah ke suatu tempat yang berada dalam jangkauan signal memadai.
  3. Menggunakan jas almamater. Jika tidak tersedia, gunakan pakaian yang rapi dan sopan (bukan kaos oblong, mukenah, dll)
  4. Bersiap paling lambat 15 menit sesuai jadwal dengan perangkat yang sudah online
  5. Memulai aplikasi tepat waktu.
  6. Mengordinasikan dengan lingkungan sekitar tentang pelaksanaan ujian sehingga tidak mengganggu.
  7. Meminimalkan/meniadakan suara yang mengganggu, seperti anak kecil, panggilan, suara ayam.
  8. Siapkan file naskah: elektronik dan cetak
  9. Disarankan menggunakan laptop
  10. Pastikan tersedia daya pada perangkat yang digunakan
  11. Menyiapkan diri secara maksimal
  12. Mengetahui nomor kontak yang harus dihubungi jika diperlukan: staf jurusan, Kaprodi, Kajur, Sekjur. (rilis/star1)

Terkait