Pelaksanaan Salat Iduladha di Gowa Khusyuk Tanpa Jaga Jarak

ABAI JARAK---Aparat kepolisian dan TNI berjaga di lokasi pelaksanaan salat Iduladha di pelataran pasar Bontojai, Desa Borisallo, Kecamatan Parangloe, Gowa. (Foto : Humas Polsek Parangloe)

STARNEWS.ID,GOWA— Lebaran Iduladha 10 Dzulhijjah, 1442 Hijriah, di Kabupaten Gowa, Selasa (20/7/2021) berjalan aman dan lancar.

Warga Gowa antusias mendatangi masjid maupun lapangan yang jadi lokasi salat Iduladha.

Bacaan Lainnya

Mereka melaksanakan salat Iduladha dengan khusyuk. Hanya saja, imbauan Pemkab Gowa agar pelaksanaan salat Iduladha menerapkan protokol kesehatan sepenuhnya tak sesuai ekspektasi di lapangan.

Hasil pantauan di beberapa tempat, pelaksanaan salat Iduladha mengabaikan jarak.

Di kecamatan Parangloe contohnya. Warga melaksanakan salat Iduladha dengan shaf sangat rapat. Sama sekali tak berjarak.

Salah satunya di Masjid Baiturrahim, Kelurahan Lanna. Petugas Babinsa maupun anggota Bhabinkamtibmas yang ditugaskan di lokasi juga terkesan membiarkan warga melaksanakan salat Iduladha dengan shaf yang rapat.

“Susah diatur jaraknya. Banyak sekali jemaah,” ujar petugas Babinsa.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Lanna, Bripka Musdin yang dikonfirmasi juga tak bisa berbicara banyak.

“Penuh,” ucapnya singkat.

Kondisi serupa juga terlihat di pelataran pasar Bontojai, Desa Borisallo. Warga melaksanakan salat Iduladha dengan khusyuk tanpa menjaga jarak.

Pelaksanaan salat Iduladha tersebut dijaga oleh aparat kepolisian dan TNI.

Bhabinkamtimas desa Borisallo, Bripka Muh Akbar mengatakan, pengamanan ini sebagai upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang sedang menjalankan sholat Id di desa binannya.

Kapolsek Parangloe, Iptu Mudatsir sendiri mengklaim, pelaksanaan salat Iduladha sudah sesuai prokes.

“Kami tidak hanya melakukan pemahaman tapi imbauan protokol kesehatan kepada jamaah, sesuai penekanan Kapolres Gowa. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak antar jamaah,” aku Mudatsir.(rus)


Pos terkait