Pelayanan Publik Belum Maksimal, Pemkab Enrekang Perlu Belajar SP4N-LAPOR di Barru

STARNEWS.ID, ENREKANG — Pelayanan publik di Enrekang rupanya belum maksimal. Sebab, masih banyak komplain dari masyarakat.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Enrekang, Kadang, hal itu menjadi pemicu bagi para abdi negara untuk semakin meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Tugas kita semua untuk menghadapi tantangan yang ada. Harapan masyarakat terhadap kita juga masih banyak,” kata Jamaluddin.

Menyikapi hal itu, perwakilan Pemkab Enrekang berangkat ke Barru untuk studi banding sekaligus menambah pengetahuan terkait sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N), Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), Kamis (01/10/2020).

Diakui Kadang, Barru saat ini termasuk kategori baik di Sulsel dalam hal pelayanan SP4N LAPOR. Alasan itulah sehingga Barru dijadikan tujuan studi banding sejumlah kabupaten/kota termasuk perwakilan Kabupaten Enrekang.

Menurutnya, SP4N-LAPOR sebagai kanal pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional, diharapkan dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam membantu pembangunan melalui dengan masukan ataupun laporan terkait sejumlah permasalahan dilapangan.

“Sasarannya menjadikan SP4N-LAPOR sebagai kanal pengaduan pelayanan publik nasional yang digunakan masyarakat,” ujar Kadang via telepon dari Kabupaten Barru.

Usai berguru terkait penerapan aplikasi SP4N LAPOR, seluruh OPD lingkup Pemkab Enrekang bisa mengoptimalkan pengelolaan pengaduan masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik.

Selain Kadang, turut serta saat studi banding di Barru, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi (Kominfo) dan Statistik Enrekang, Hasbar serta dua staf dari Inspektorat, Enrekang Jamaluddin dan Syukur Manggala.

Tim Studi Banding SP4N LAPOR Kabupaten Enrekang diterima di ruangan Barru Smart Information center (BASIC).

Pertemuan studi banding SP4N lapor di Kabupaten Barru yang diterima langsung oleh Asisten II sekaligus pelaksana tugas Inspektorat Kabupaten Barru bapak Abd Rahim serta Kabid Humas Diskominfo dan statistik Barru Ardi Susanto. (zai/dam)


Pos terkait