Pelihara Satwa Dilindungi, 3 Pelaku Diamankan Polda Sumut

  • Whatsapp
Ini barang bukti kakatua jambul kuning yang disita dari salah seorang pelaku. (foto ist)

STARNEWS.ID, MEDAN – Tiga pelaku yang memelihara satwa yang dilindungi diamankan aparat Polda Sumatera Utara (Sumut) beserta barang buktinya, Rabu (14/1/2020).

Para pelaku diamankan di tiga tempat berbeda yakni Irvan Rizky diamankan di Perumahan Rorinata Residence, Medan. Di rumahnya di ditemukan empat jenis burung yakni 1 ekor Burung Kakak Tua Jambul Kuning, 3 ekor burung Nuri timur.

Lalu di rumah Luis Pratama, Jalan Sampul Sei Putih Baru, disita 1 ekor kakatua jambul kuning. Sementara di kediaman Pahlevi di Ling VII, Tegalrejo didapati seekor beruang madu berumur 4 bulan.

Ini beruang madu yang baru berusia 4 bulan, yang akan dijual seharga Rp15 juta. (foto ist)

Saat diinterogasi ketiganya tidak menunjukkan surat izin pemeliharaan dan perniagaan satwa peliharaan mereka. Bersama tim BKSDA setempat, satwa tersebut akhirnya disita untuk dilepaskan ke habitatnya masing-masing.

Sebelumnya mereka sengaja memelihara satwa tersebut untuk dijual kembali. Ini diakui Pahlevi, kalau beruang didapatkan dari pemburu di Pekanbaru. Selanjutnya akan dijual pada Irvan Rezky seharga Rp15 juta.

Kini para pelaku masih menjalani pemeriksaan intensif di Polda setempat, untuk mendalami keterlibatan mereka. Polisi dan BKSDA setempat masih mencari satwa yang dilindungi dan dipelihara tanpa izin. (star2)

Pos terkait