Pemasukan Zakat Enrekang Capai Rp1 Miliar Per Tahun

Pengurus Baznas Enrekang. (Foto : Zaeni Salloko)

STARNEWS.ID,ENREKANG— Pemasukan zakat di kabupaten Enrekang terus meningkat. Tahun 2020 lalu naik 20 persen atau mencapai Rp1 miliar.

Wakil Ketua Bidang Baznas Kabupaten Enrekang, Baharuddin menuturkan, setiap tahun pemasukan zakat terus meningkat. Kenaikan pengumpulan 20-25%/ tahun dan pendisribusian 60% konsumtif dan pendayahgunaan 40% produktif.

Bacaan Lainnya

“Ini juga berkat dukungan Bupati Enrekang yang menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Zakat,” ujar Baharuddin, Kamis (25/2/2021).

Lanjutnya, angka penerimaan zakat infaq terus mengalami peningkatan. Rata-rata naik 20% atau Rp1 Miliar per tahun sesuai target yang tercantum dalam Rensra Baznas Enrekang. Ini berbanding lurus bertambahnya Muzakki non PNS dari 6.180 menjadi 7.320 Muzakki.

Sehingga pada tahun 2020 periode 2016- 2021, penerimaan zakat infaq shadaqah telah mencapai Rp9,1 Miliar tambah Rp5,4 miliar zakat fitrah di tahun 2020.

“Hampir menyentuh angka dalam Rensra Baznas Enrekang 2016-2021 yang 5 tahun lalu kami buat,” ungkap Bahar.

Ia menjelaskan indikator kunci lainnya adalah insrumen kampanye zakat dalam berbagai pola pendekatan di luar ASN telah berhasil juga menaikkan penerimaan dari tahun.

Ini juga tidak lepas dari kerja sama Bupati Enrekang dan seluruh tingkatan pemerintah daerah dalam mengedukasi masyarakat Islam di seluruh wilayah Kabupaten Enrekang untuk menunaikan kewajiban zakat.

Perbandingan penerimaan Zakat dari PNS dengan non PNS 60:40, yang artinya strategi pengumpulan cukup baik dan berjalan efektif sesuai indikator sosialisasi dan kampanye zakat infaq dan shodaqoh dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL). (Zaini)


Pos terkait