Pembukaan MPLS SMA Sederajat, Bupati Adnan Ajak Siswa Baru Jadi Duta Covid-19

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyaksikan penyerahan alat penyemprotan mandiri dari pengurus PMI Sulsel kepada Kadisdik Sulsel, Prof Muhammad Jufri disela pembukaan MPLS tingkat SMA sederajat se-Sulsel yang dilaksanakan secara virtual, Senin (12/7/2021). (Foto : Humas Pemkab Gowa)

STARNEWS.ID,GOWA—– Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa SMA sederajat tahun ajaran baru 2021/2022 di Sulsel mulai berlangsung, Senin, 12 Juli 2021.

Pembukaan MPLS dilakukan oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman secara virtual.

Bacaan Lainnya

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan turut menghadiri pembukaan MPLS tingkat SMA sederajat tersebut.

Pada saat diberi kesempatan menyampaikan sambutan, Adnan mengajak siswa baru untuk menjadi duta Covid-19 di sekolah dan masyarakat dengan secara konsisten menerapkan protokol kesehatan.

“Di usia remaja seperti sekarang ini, adik-adik dan anak-anakku sekalian harus dapat mengambil peran aktif untuk menjadi peer educator atau pendidik sebaya dalam hal perubahan prilaku, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan,” ajak Adnan.

Ketua PMI Sulsel ini juga mengharapkan siswa baru menjadi garda terdepan mengkampanyekan tentang adaptasi baru di masa pandemi. Khususnya dalam hal perilaku hidup bersih dan sehat.

“Adaptasi kebiasaan baru yang dimaksud adalah sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker, jaga jarak, istirahat cukup dan rajin olahraga serta makan makanan bergizi seimbang,” jelasnya Adnan.

Atas nama PMI Sulsel, Adnan menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel atas dukungan dan kerjasamanya dalam hal pengembangan Palang Merah Remaja di lingkungan sekolah masing-masing.

“Sebagai wujud terimakasih kepada pemerintah, khususnya Dinas Pendidikan, PMI Sulsel mendistribusikan sprayer, pakaian hazmat dan wipol agar bisa melakukan penyemprotan mandiri secara rutin di sekolahnya masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Prof Muhammad Jufri menyebutkan bahwa jumlah peserta didik baru yang diterima pada tahun ajaran ini sebanyak 120.958 orang berdasarkan daya tampung sekolah.

“MPLS ini bertujuan memberikan pengenalan kepada siswa baru terkait dengan kondisi sekolah. Kita berharap melalui mereka dapat mengenali potensi dirinya apalagi baru berpindah dari jenjang SMP ke SMA,” terangnya.

Melalui kesempatan ini, PMI Sulsel dan Dinas Pendidikan Sulsel mengungkapkan rencana menandatangani MoU terkait donor darah berkala bagi kepala sekolah dan guru SMA/SMU/SLB negeri maupun swasta untuk memenuhi kebutuhan darah di Sulsel. (rus)


Pos terkait