Pemkab Gowa akan Adopsi Tiga Aplikasi Terbaru Kemendagri

Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni didampingi Pj Sekda Gowa, Hj Kamsina menghadiri peringatan Hari Otoda yang digelar secara virtual di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (26/4/2021). (Foto : Humas Pemkab Gowa)

STARNEWS.ID,GOWA— Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI kembali meluncurkan tiga aplikasi pelayanan.

Ketiga aplikasi terbaru itu diresmikan bertepatan dengan momen peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) yang digelar secara virtual, Senin (26/4/2021) oleh Ditjen OTDA Kemendagri.

Bacaan Lainnya

Adapun ketiga aplikasi itu yaitu SIMUDAH, E-Perda, dan SILPPD.

Pemerintah Kabupaten/Kota menyambut positif peluncuran tiga aplikasi Kemendagri tersebut. Termasuk Kabupaten Gowa.

Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni mengatakan, Pemkab Gowa siap mengadopsi aplikasi teranyar Ditjen OTDA Kemendagri.

“Ketiga aplikasi ini ke depannya akan kita adopsi, karena akan mempermudah hubungan antara pusat dengan daerah. Apalagi menurut penjelasan Mendagri tadi ini dapat mengurangi perjalanan dinas, sehingga anggaran bisa kita alokasikan untuk hal lainnya,” ujar Rauf Malaganni disela mengikuti peringatan Hari Otoda di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa.

Turut hadir, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj Kamsina bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, H Syamsuddin Bidol serta Kepala Bagian Pemerintahan Setkab Gowa, Zubair Usman.

Karaeng Kio, sapaan akrab Rauf Malaganni berharap, keberadaan aplikasi ini dapat mendorong peningkatan kemandirian daerah khususnya di bidang pelayanan publik serta pemanfaatan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pengakuan kemandirian daerah oleh pemerintah pusat ini harus kita apresiasi sebesar-besarnya. Caranya adalah dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara penuh,” kata Karaeng Kio’ sapaan akrabnya.

Selain di bidang pelayanan publik, ia juga menitikberatkan pada pemberdayaan SDM agar daya saing daerah dapat lebih ditingkatkan lagi.

“Pada Peringatan Hari Otoda ini, kita berharap daerah semakin maju dan berkembang. Pemerintah daerah juga bisa semakin adaptif dan inovatif, apalagi di situasi pandemi yang masih terjadi saat ini,” tegasnya.

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, mengajak masyarakat untuk membangun semangat kerja gotong royong di masa pandemi untuk mewujudkan masyarakat sehat, ekonomi bangkit, dan Indonesia maju.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah saat ini menjadi momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintahan daerah di masa yang akan datang,” kata Wapres.

Lebih lanjut kebijakan otonomi daerah ini dimaknai sebagai upaya pemindahan lokus pemerintahan dari pemerintah pusat ke daerah. Pemindahan ini juga disertai dengan pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan tertentu secara mandiri.(rus)


Pos terkait