Pemprov Sulsel Genjot Pembangunan Bantuan Huntap di Sulbar

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyampaikan sambutan di proses penyerahan secara simbolis bantuan hunian tetap di lokasi terdampak gempa Sulbar, Jumat (12/2/2021)). (HUMAS PEMPROV SULSEL)

STARNEWS.ID, MAJENE — Perhatian ekstra ditunjukkan Pemprov Sulsel terhadap pihak yang terdampak gempa magnitudo 6,2 di Sulbar. Melalui Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, bantuan 100 unit rumah hunian tetap (Huntap) didonasikan.

Bantuan huntap tersebut terbagi dua. Yakni 50 unit kepada para personel Polda Sulbar, dan 50 unit sisanya untuk masyarakat umum yang terdampak gempa bumi yang pertama terjadi pada 15 Januari 2021 lalu.

Bacaan Lainnya

“Tentu kami hadir di sini memberikan support kepada seluruh masyarakat Sulbar, bukan kita berlebihan tapi kami merasakan kepedihan atas gempa yang terjadi di Sulbar ini. Sehingga kami menyiapkan 100 rumah, 50 Kapolda walaupun 50 sebenarnya belum cukup, kami sudah merekam itu dan 50 lagi di Provinsi Sulbar,” jelas Nurdin Abdullah di Majene, Sulbar, Jumat (12/2/2021).

Diketahui, Huntap ini merupakan pembangunan rumah instan yang dikerjakan langsung oleh kontraktor spesialis rumah anti gempa. Pekerjaan pun hanya diselesaikan dalam waktu 90 hari untuk 50 unitnya.

“Bangunan ini sudah bangunan tahan gempa dan memang atas rekomendasi PUPR. Bangunan ini Insyaallah akan selesai dalam paling lama 90 hari, tapi tadi beliau mengatakan Insyaallah 60 hari akan kita selesaikan. Jadi mudah-mudahan ini berjalan lancar semua,” jelasnya.

Menurut Nurdin, pekerjaan persatuan unit rumah ini dikerjakan dalam waktu 12 hari sudah selesai. Hal tersebut didukung dengan adanya komponen dari rumah tersebut barang sudah jadi.

“Jadi rumah ini dibangun 12 hari selesai. Kenapa 12 hari selesai? Karena memang ini perusahaan dia sudah produksi semua mulai dari pintu, atap dan semuanya. Jadi tidak ada produk-produk dari luar, jadi memang sudah menjadi sebuah rumah,” tutupnya. (*/dam)


Pos terkait