Penetapan DPB, KPU Kabupaten Terima Masukan dari Berbagai Pihak

Rapat pleno di Aula KPU Enrekang, Senin (20/7/2020) dirangkaikan penyerahan DPB per Juli 2020 yang telah disahkan kepada Bawaslu Kabupaten Enrekang.


STARNEWS.ID, ENREKANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang tengah fokus mengkaji Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode bulan Juli 2020.

Upaya tersebut juga dilakukan melalui rapat pleno yang digelar di Aula KPU Kabupaten Enrekang pada Senin (20/7/2020) siang.

Sebelum menetapkan DPB periode bulan Juli 2020, KPU Enrekang membuka ruang bagi seluruh pihak yang hadir untuk memberikan tanggapan dan masukan serta saran terhadap data yang telah dihasilkan oleh Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Enrekang.

Pada kesempatan tersebut, KPU Kabupaten Enrekang menerima tanggapan dan saran yang sifatnya konstruktif dari Bawaslu Kabupaten Enrekang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang, Dandim 1419 Enrekang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Enrekang, Dinas Pemberdayaan Masyarkat dan Desa serta dari perwakilan PDI Perjuangan.

Dihadapan para peserta Rapat Pleno Ketua KPU Kabupaten Enrekang,, Haslipa mengatakan bahwa semangat menghadirkan para stakeholder dalam rapat pleno adalah agar terbangun sinergitas dan kerja sama dengan semua instansi terkait dalam hal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Selain itu juga sebagai wujud transparansi dalam pemeliharaan dan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

“Harapan besar kita adalah terjalin komunikasi antara KPU Kabupaten Enrekang dengan para stakeholder agar data pemilih berkelanjutan yang sementara kami kelola senantiasa bersifat up to date dan valid,” katanya.

Selanjutnya, terkait dasar dalam melakukan updating DPB, Haslipa menjelaskan sumber datanya cukup variatif.

“Data bersumber dari DPT terakhir tahun 2019, kemudian DP4 dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Enrekang, serta data yang bersumber dari tanggapan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu koordinator Divisi (Kordiv) Perencanaan, Data dan Informasi, Irwan Ibrahim menjelaskan bahwa jumlah DPB hasil pemutakhiran periode bulan Juli 2020 adalah 157.136.

“Total Daftar Pemilih Berkelanjutan KPU Kabupaten Enrekang untuk bulan Juli 2020 adalah 157.136. Adapun rinciannya, Laki-laki (L) berjumlah 79.901 dan Perempuan berjumlah 77.235,” urai Irwan.

Sedangkan untuk Potensi Pemilih Baru berjumlah 1.216, dan Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) berjumlah 51.

Rapat Pleno dihadiri oleh Ketua, Anggota dan Staf Sekretariat KPU Kabupaten Enrekang, Bawaslu Kabupaten Enrekang, Dandim 1419/Enrekang dan dari pihak Polres Enrekang.

Hadir pula beberapa instansi terkait diantaranya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Enrekang, Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Enrekang.

Turut hadir pula dari pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang, para pimpinan partai politik tingkat Kabupaten Enrekang.

Di pengujung Rapat Pleno, dilakukan penyerahan DPB per Juli 2020 yang telah disahkan kepada Bawaslu Kabupaten Enrekang. (zai/dam).

Pos terkait