Pengembang PDF Sekaligus Pendiri Adobe, Charles Geschke Tutup Usia

Charles Geschke semasa hidup, Foto: bizjournals.com

STARNEWS.ID — Buat kalian yang sering mengirim atau menerima file PDF, tentunya merasa kehilangan dengan sosok Charles Geschke, sang pengembang file PDF.

Dikutip dari Kompas.com, salah satu pendiri Adobe sekaligus pengembang format file PDF, Charles Geschke, tutup usia pada Jumat (16/4/2021) lalu. Geschke meninggal pada usia 81 tahun.

Bacaan Lainnya

Ia lahir pada 11 September 1939 di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Ia merupakan seorang pengusaha dan ilmuwan komputer.

“Sebagai salah satu pendiri Adobe, Geschke dan John Wannock mengembangkan perangkat lunak (software) inovatif yang telah merevolusi cara orang dalam berkomunikasi,” kata Shantanu Narayen, CEO Adobe.

Sebelum mendirikan Adobe, Geschke sempat bekerja sebagai programmer di perusahaan hardware asal Amerika Serikat, Xerox Palo Alto Research Center pada 1972. Disitulah Geschke pertama kali bertemu dengan John Warnock.

Satu tahun berselang tepatnya 1982, Geschke beserta John Warnock meninggalkan Xerox dan mendirikan Adobe.

Produk pertama mereka adalah Adobe PostScript, bahasa pemrograman yang mendukung pengembangan industri desktop saat itu.

Geschke menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Adobe sejak Desember 1986 hingga Juli 1994.

Geschke kemudian pensiun dari Adobe pada April 2000, tak lama setelah John Warnock mundur dari jabatannya sebagai CEO.

Pada 1992, Geschke pernah diculik dan disandera selama empat hari di Hollister, California, AS oleh dua pria yang tak dikenal.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BBC, Senin (19/4/2021), kasus penculikan Geschke ini pun menjadi berita utama kala itu dan sorotan media nasional.

Melihat sepak terjangnya di dunia teknologi, Presiden AS ke-44 Barack Obama, memberikan penghargaan “National Medal of Technology” kepada Geschke dan John Warnock pada 2009 lalu.

Kini, Adobe telah melahirkan banyak produk termasuk software desain grafis seperti Photoshop, CorelDRAW, Illustrator, Acrobat, Flash, Creative Suite, Creative Cloud, berikut format file PDF yang kian populer.

Atas kepergiannya, Geschke meninggalkan tiga orang anak, tujuh orang cucu, serta satu orang istri yang dinikahinya selama 56 tahun.

Dia adalah seorang pengusaha terkenal, pendiri perusahaan besar di AS dan dunia, dan tentu saja dia sangat bangga akan hal itu.

Ini adalah pencapaian besar dalam hidupnya, tetapi bukan fokus yang selalu ia kejar melainkan keluarganya,” kata Nancy Geschke, istri Charles Geschke dalam sebuah pernyataan. (*)


Pos terkait