Pengesahan Perda Wajib Masker dan Penerapan Prokes Maksimalkan Upaya Menekan Penyebaran Covid-19


STARNEWS.ID, GOWA — Upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Gowa bisa lebih maksimal. Setelah DPRD Gowa menyesahkan peraturan daerah (Perda) tentang Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan, Selasa (25/8/2020) malam.

Usai disahkan melalui rapat paripurna, Wakil Bupati (Wabup) Gowa, Abd Rauf Malaganni pun menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD Gowa. Ia mengatakan bahwa Perda Wajib Masker dan Penerapan Protokol (Prokes) itu merupakan upaya Pemkab Gowa untuk penanganan Covid-19.

Bacaan Lainnya

Wabup yang juga akrab disapa Karaeng Kio iti menyebutkan, sebelumnya Pemkab Gowa telah menggencarkan Gerakan Sejuta Masker. Yakni dengan membagikan sebanyak 1,2 juta masker kepada masyarakat.

Gerakan ini, kata dia, juga mendapat apresiasi dari Menteri Dalam Negeri dan memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia dan Dunia (MuRI).

“Tujuan Perda ini adalah untuk mencegah dan mengurangi risiko penularan Covid-19, memaksimalkan upaya pencegahan dan penanganan kesehatan akibat Covid-19 dan sebagainya perlindungan yang efektif kepada setiap orang dari bahaya Covid-19,” kata Kr Kio – sapaan akrab Abd Rauf.

Abd Rauf berharap, perda tersebu5 dapat memutus mata rantai penyebaran dan menurunkan angka kasus pengidap Covid 19 atau disebut juga virus korona, khususnya di wilayah kabupaten berjuluk Butta Bersejarah itu.

“Dengan adanya peraturan daerah, maka kita berharap bahwa masyarakat tentunya semakin sadar untuk menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan sehingga di Kabupaten Gowa ini dapat segera di putus mata rantai virus korona,” harapnya.

Sementara Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Gowa, Anwar Usman mengatakan bahwa penetapan dilakukan setelah pembahasan bersama sejumlah pihak dan kunjungan kerja ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Selain itu, ia menilai bahwa kehadiran perda terkait merupakan satu langkah lebih maju yang dilakukan Pemkab Gowa dari daerah lainnya. Menurutnya ini salah satu langkah efektif untuk penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Gowa.

“Ini Insyaallah akan efektif dan persoalan efektif atau tidaknya ini adalah langkah yang lebih maju dari beberapa tempat yang lain. Kita sudah melakukan hal hal begini dan tetap kita akan pantau bagaimana perkembangannya termasuk penegakannya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dalam Penanganan dan Pencegahan Covid-19 akhirnya disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) oleh DPRD Kabupaten Gowa, Selasa (25/8/2020).

Pengesahan perda tersebut setelah mendapat persetujuan sebanyak 36 anggota legislatif melalui rapat paripurna. (rilis/dam)

Terkait