Penularan nCoV-19 Bisa Melalui Air Hujan (Perspektif Kimia Lingkungan)

(foto ist)

Oleh: Muhammad Syahrir Gassa/Dosen Jurusan Kimia FMIPA UNM

ANGGOTA Dewan Pakar ICMI Orwil Sul-SelAir hujan mengandung berbagai jenis zat kimia tertentu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia di permukaan bumi. Kandungan zat kimia yang dimaksud diantaranya adalah oksigen, nitrogen, hidrogen dan berbagai unsur mineral lainnya yang terkandung dalam udara kemudian larut dalam air hujan. Ketika air hujan jatuh ke permukaan bumi dapat berguna terutama untuk pertumbuhan tanaman dan keperluan hewan dan terutama bagi manusia.

Bacaan Lainnya

Dengan melihat sejumlah kegunaannya tersebut terkadang dapat pula menjadi penyebab penyakit bagi tubuh terutama bagi hewan dan manusia.

Ketika air hujan pertama setelah musim kemarau atau setelah beberapa hari jeda dengan air hujan di suatu daerah/wilayah tertentu, dapat menjadi pemicu adanya penyakit tertentu bagi manusia karena selama dalam perjalanannya melewati udara yang sebelumnya telah mengandung berbagai jenis cemaran misalnya SOx, NOx, COx, dan H2S serta bakteri maupun virus tertentu misalnya nCoV-19 yang lagi mewabah ke berbagai belahan dunia setelah adanya kejadian utama di Wuhan Negara China. Penyebaran / distribusinya yang berasal dari Wuhan Negara China ke berbagai belahan Negara di Dunia diperkirakan sebagian besar melalui udara karena dapat mengalami pergerakan ke berbagai wilayah atau Negara tertentu.

Maka harapan kita agar menghindar dari terkena air hujan terutama pada air hujan pertama setelah wilayah/daerah tertentu memperoleh sinar matahari, karena kandungan zat cemaran terutama bakteri / virus yang terkontaminasi menjadi meningkat. Selain hal tersebut ketika terjadi hujan gerimis kemudian sinar matahari tetap terik/panas dapat memicu meningkatnya kadar cemaran maupun bakteri dan virus tertentu terutama nCoV-19 yang terkontaminasi di udara kemudian masuk dalam air hujan, sehingga jika mengenai salah satu anggota tubuh manusia terutama pada bagian kepala dengan mudah nCoV-19 masuk dalam jaringan tubuh dan menyebabkan penyakit corona.

Ilustrasi (int)

Selain itu diperlukan trik-trik lainnya misalnya melakukan pemenuhan makanan-makanan bergizi bagi tubuh manusia sehingga antibodi dan stamina tubuh menjadi meningkat dalam melawan berbagai jenis bakteri/virus yang akan menimbulkan penyakit bagi tubuh kita terutama nCoV-19 sehingga diharapkan mengkonsumsi misalnya makanan mengandung curcuma seperti yang baru ditemukan oleh seorang Peneliti Bapak Prof. Chairul Anwar dari UNAIR (Edy Arsyad, 2020). Kemudian dapat melakukan olahraga yang teratur terutama di waktu pagi hari serta istrahat yang cukup dan bersegera mandi ketika setelah pulang dari berolahraga serta memperhatikan kebersihan makanan maupun peralatan yang digunakan. Karena kalau tidak, maka dapat memungkinkan kembalinya bakteri/virus tertentu misalnya nCoV-19 melewati pori-pori kulit tubuh kita sehingga menimbulkan gejala demam tinggi, batuk/flu dan jika positif terjangkit dengan virus corona berkepanjangan maka segera periksakan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat bahkan seseorang dapat menimbulkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat.

Selain hal tersebut menurut Dr.dr.Lutfi Parewangi bahwa sebaiknya selalu menghirup air setiap saat melalui hidung dan saluran pencernaan dimana tentunya dalam Islam diharuskan selalu mengambil air wudhu sebelum menjalankan shalat lima waktu yang bermanfaat untuk menghindari penyakit pernafasan akibat nCoV-19 (Edy Arsyad, 2020).

Begitu banyak trik-trik tertentu dalam menghindari berbagai jenis penyakit terutama jenis nCoV-19 yang lagi mewabah di suatu wilayah/daerah tertentu yang dapat melalui air hujan, dimana air hujan merupakan sesuatu kejadian alam yang terjadi secara alamiah karena pergantian musim dan merupakan kehendak dari Allah SWT. Sehingga seharusnya kita sebagai hambanya selalu berdoa kepada-Nya agar terhindar dari segala macam penyakit terutama penyakit nCoV-19 tersebut sehingga kita tetap sehat dan bugar serta mudah dan lancar dalam melaksanakan segala aktivitas yang menjadi prioritas kehidupan kita.
Aamin Aamiin YRA. (/*)

Referensi:
Arsyad. E. 2020. Wudu Bisa Hindarkan dari Serangan Virus Corona. Fajar.co.id.

Arsyad E. 2020. Peneliti UNAIR Surabaya Temukan Penangkal Virus Corona dari Bumbu Masak Fajar. co.id.


Pos terkait