Perluasan Gedung PN Sungguminasa Diharapkan Picu Peningkatan Kualitas Pelayanan

STARNEWS.ID, GOWA — Proses peradilan di Gowa semestinya makin berjalan cepat, transparan dan akuntabel. Seiring telah dilakukan perluasan gedung Pengadilan Negeri (PN) Sungguminasa.

Pernyataan mengandung harapan tersebut disampaikan Pjs Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi di momen peletakan batu pertama sekaitan renovasi dan perluasan Kantor PN Sungguminasa, Jalan Usman Salengke, Senin (2/11/2020).

Asisten Bidang Pemerintahan di Pemprov Sulsel itu pun berharap, pelayanan di bidang peradilan di Gowa semakin membaik. Diharapkan pula, pengadilan itu bisa diparalelkan dengan implementasi teknologi informasi terkait Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Sehingga Pengadilan Negeri Sungguminasa pada saatnya nanti menjadi pengadilan negeri yang sesungguhnya memang excellent (luar biasa) dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat,” harapnya.

Mantan bupati selama dua periode di Pinrang itu juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua Pengadilan Tinggi Makassar perwakilan Sulawesi Barat, Syahrial Sidiq atas pembangunan gedung baru Pengadilan Negeri Sungguminasa ini.

“Insyaallah ini akan menjadi motivasi bagi teman-teman di Pengadilan Negeri Sungguminasa dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan publik kepada masyarakat,” ujarnya.

Lanjut, Aslam mengatakan, perluasan dan renovasi gedung PN Sungguminasa sudah selayaknya dilakukan. Mengingat saat sudah kelas 1A dengan jumlah perkara yang ditangani cukup banyak.

“Alhamdulillah keberadaan Kantor Pengadilan ini tentu akan menjawab kebutuhan peradilan di Kabupaten Gowa. Pengadilan Kabupaten Gowa sudah Kelas 1 A dengan jumlah perkara yang cukup banyak. Oleh karena itu, korelasi antara kelas dan gedung sarana infrastruktur harus tersedia di Pengadilan Negeri Sungguminasa adalah hal yang mutlak,” kata Aslam.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Makassar perwakilan Sulawesi Barat, Syahrial Sidiq. Dirinya berharap tidak hanya perbaikan dari segi fisik. Tetapi dengan adanya gedung baru ini juga diiringi dengan pelayanan yang lebih baik lagi.

“Saya berharap dan saya menitip pesan kepada Forkopimda jika ada yang tidak sesuai atau tidak mendapatkan pelayanan prima laporkan kepada saya. Saya akan coba perbaiki,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga berharap agar kontraktor yang mengerjakan gedung Pengadilan Negeri Sungguminasa ini agar dikerjakan dengan sebaik-baiknya.

“Kontraktor tolong pembangunan betul-betul kokoh dan kuat. tidak boleh ada goncangan seperti asas dalam pengadilan. Walaupun langit akan runtuh pengadilan tetap tegak,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa, Hebbin Silalahi mengatakan renovasi dan pembangunan gedung Pengadilan Negeri Sungguminasa ini karena sudah tidak representatif lagi dengan situasi saat ini. Sebab menurutnya, jumlah kasus yang ditangani oleh Pengadilan Negeri Sungguminasa setiap tahun mengalami peningkatan.

Ia pun menargetkan renovasi dan Perluasan Kantor PN Sungguminasa ini akan rampung pada tahun 2021 mendatang sehingga daapt digunakan kembali pada tahun 2022. (rus/dam)


Pos terkait