Peroleh Remisi Kemerdekaan, Sembilan Narapidana di Sultra Bebas

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sultra, Muslim bersama para narapidana yang menerima remisi di Hari Kemerdekaan. (foto : mirkas/starnews.id)

STARNEWS.ID, KENDARI – Sedikitnya 1043 narapidana di Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima remisi Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75, sembilan warga binaan diantaranya langsung bebas di hari kemerdekaan, Senin (17/8/2020).

Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sultra, Muslim mengatakan, pemberian remisi tahun ini tak jauh Berbers dengan sebelumnya. Yang membedakan, kata dia, penyerahan remisi tahun ini dilakukan secara virtual.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Muslim menyebutkan, dari 1043 yang terima remisi di Sultra, sembilan diantaranya dinyatakan langsung bebas.

“Yang sembilan orang ini, setelah dikurangi masa tahanannya, ternyata sudah habis masa pidananya, makanya langsung bebas,” kata Muslim.

Sedangkan 1034 Napi lainnya, kata dia, mendapatkan potongan masa penahanan yang bervariasi, mulai dari satu bulan hingga enam bulan.

Ditambahkannya, total Napi di Sultra yang diusulkan untuk menerima remisi sebanyak 1161, tapi yang disetujui Kementerian Hukum dan HAM RI baru sebanyak 1043, sedangkan sisanya tidak menuntut kemungkinan bisa menyusul.

Di tempat yang sama, Kepala Lapas Kelas IIA Kendari, Abdul Samad Dama mengatakan, sebanyak 299 warga binaan di instansi yang dipimpinnya itu mendapatkan jatah remisi hari kemerdekaan, dan satu diantaranya langsung bebas hari ini.

“Dia narapidana umum, dapat remisi lima bulan langsung bebas,” ujar Samad.

Lebih lanjut, dia menyebutkan, secara umum, syarat untuk medapatkan remisi sekurang-kurangnya warga binaan berkelakukan baik selama enam bulan.

“Semoga warga binaan betul-betul menjaga kelakukan mereka. Jangan ada pelanggaran selama enam bulan saja, jika ingin dapat remisi,” kata Samad. (mir/uba)

Terkait