Pesan Duo Lusy dan Lucy, Pentingnya Mengajarkan Kesehatan Gigi dan Gizi pada Anak

STARNEWS.ID, MAKASSAR– Ditemui di ruang prakteknya, Senin(10/5/2021), drg Lusy Damayanti dan Dr. dr Lucy Widasari, kolaborasi untuk mengedukasi para orang tua, agar supaya mendapatkan pengetahuan tentang cara membersihkan gigi dan mulut pada anak. Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting bagi anak. Tak jarang pula, banyak orang tua yang acapkali membawa sang buah hatinya ke dokter gigi kalau sudah mengeluh sakit, padahal kunjungan ke dokter gigi bukan hanya mengobati tapi juga sebagai upaya Pencegahan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyebutkan prevalansi karies gigi anak, penyakit gigi berlubang kelompok usia 5-9 tahun sebesar 92,6 % dan kelompok usia 10-14 tahun sebesar 73,4%. Angka yg sangat tinggi dalam hal kerusakan gigi.

Jadi inilah salah satu upaya drg Lusy Damayanti dan Dr. dr Lucy Widasari berkolaborasi untuk mengedukasi para orang tua, guru disekolah dan anak-anak, supaya mendapatkan pengetahuan tentang cara membersihkan gigi, mengetahui makanan dan minuman yang berisiko dihindari agar tidak menambah kerusakan gigi.

Lusy Damayanti spesialis dokter gigi anak mengatakan “Sejak anak lahir 0 – 6 bulan, konsumsi ASI, saat itu pula kita mulai memperhatikan kebersihan rongga mulut anak dan usia 6 bulan gigi sulung pertama kali tumbuh, saat itu mulai lebih extra menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut anak agar terhindar dari penyakit karies gigi dan penyakit rongga mulut lainnya” kata Lusy.

“Jadi bukan hanya saat gigi anak-anak sudah tumbuh semua, baru mau memperhatikan kesehatan gigi dengan menyikat gigi, padahal sejak usia baru lahir saat mengkonsumsi ASI (Air Susu Ibu) sudah harus menjaga kesehatan gigi anak, begitu pula cara pemberian susu formula dengan menggunakan botol dot, sangat tidak di anjurkan sambil tidur karena ketika anak tidur, air susu akan tersisa dalam rongga mulut yang merupakan media yang baik untuk berkembangnya bakteri pemicu karies,” tambah drg Lusy Damayanti.,Sp.KGA.

Lusy Damayanti yang juga seorang anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) berpangkat Mayor Laut(K/W), mengungkapkan bahwa “Saat ini, capaian yang ingin diraih,
Ingin melihat anak anak Indonesia giginya sehat sehat, yang menjadi tugas besar saya agar angka kerusakan gigi anak bisa menurun. Salah satu upaya adalah terus beri edukasi kepada lingkungan terdekat anak, baik kepada orangtua, guru serta pengasuh anak untuk mengetahui cara memelihara kesehatan gigi, pola konsumsi makanan yg menyehatkan gigi, menghindari makanan yang berisiko karies dan cara sikat gigi yang benar tentu dengan menggunakan pasta gigi yang baik.

Lebih bijaksana memilih jenis pasta gigi yang mengandung bahan untuk menjaga imunitas (pertahanan) rongga mulut sehingga air ludah tetap aktif melindungi permukaan gigi dari serangan bakteri pemicu kerusakan gigi.
Mudah-mudahan harapan saya ini bisa tercapai” ungkap Lusy Damayanti yang sedang menempuh tingkat akhir Program Studi Doktoral (S3)Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Unhas.

Berkaitan dengan hal di atas, Dr dr.Lucy Widasari,M.Si sebagai ahli gizi menjelaskan “Gigi dan rongga mulut haruslah prima, sehingga mekanisme mengunyah akan baik, fungsi saliva juga akan normal, yang akan membantu proses pencernaan dengan enzim di mulut. Makanan atau karbohidrat yang dicerna dengan baik di mulut akan mempermudah kerja lambung dan mengoptimalkan penyerapan zat gizi” jelas dr. Lucy Widasari.
Namun perlu diketahui penumpukan makanan bisa menjadi media subur nya bakteri di rongga mulut, terjadi karena endapan karbohidrat (gula) dan menyebabkan karies yang dapat berpotensi merusak gigi.

Makanan yang lengket di gigi tertinggal lebih lama di rongga mulut, sehingga bakteri pembentuk asam mudah membentuk karies. Untuk itu segera minum air putih setelah makan makanan manis, yang terpenting kurangi konsumsi makanan manis. Bagi anak, makan adalah proses belajar dan mencontoh. Proses belajar makan sehat bergizi perlu diterapkan sejak anak usia dini sehingga anak memiliki pola makan sehat sejak dini.

Dr.dr. Lucy Widasari.,MSi yang juga Dosen dan Tenaga Ahli di Jakarta mengajak masyarakat Indonesia untuk bantu lindungi diri anda dari infeksi dengan perilaku hidup sehat dan tingkatkan kekebalan tubuh antara lain dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan beragam akan lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan energi, protein, vitamin serta mineral.
Terakhir, kedua dokter Lusy dan Lucy berpesan, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

“Tanpa gigi bagaimana kita dapat mengunyah asupan gizi,
Tanpa asupan gizi bagaimana bisa sehat, Tanpa sehat apalah arti hidup”. (fad/idj)


Pos terkait