PGRI Bontoramba Jeneponto dan Tim Bebras UNM Adakan Workshop Gerakan Pandai

Workshop ini di ikuti 120 guru dari perwakilan semua Sekolah Dasar yang ada di Wilayah Kecamatan Bontoramba

STARNWS.ID, JENEPONTO– PGRI Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto bekerjasama dengan BEBRAS Indonesia Biro UNM Makassar  yang di sponsori oleh GOOGLE.org melaksanakan Workshop “Gerakan Pandai” selama dua hari yang dibuka lansung oleh Kepala Koordinator Wilayah (KORWIL) Pendidikan dan Kebudayaan KecamatanAlfian Munir, SPd, MM bertempat di SDI 124 Bontoramba, Sabtu (3/7/2021).

Kegiatan ini di ikuti sebayak 120 guru dari perwakilan semua Sekolah Dasar yang ada di wilayah Kecamatan Bontoramba, dan dibagi dua sesi kegiatan.

Sesi pertama dilaksanakan pada Sabtu, 3 Juli 2021 yang diikuti sebanyak 60 Guru dari wilayah Gugus 1 dan 3 Kecamatan Bontoramba dan dibagi kedalam dua kelas.

Sedangkan sesi kedua dilaksanakan pada Minggu, 4 Juli 2021 yang di ikuti oleh 60 guru dari wilayah Gugus 2 dan 4 Kecamatan Bontoramba juga dibagi kedalam 2 kelas.

Tema dari kegiatan Workshop ini adalah” Pandaikan Sekolah Melalui Computational Thinking atau cara Berfikir komputasi”. Demikian yang sampaikan H Ali Subran, S.Pd selaku panitia pelaksana mewakili PGRI Bontoramba pada Wartawan.

Lebih jauh Ali Subran menjelaskan bahwa, tujuan dari Workshop adalah “Gerakan Pandai mengenalkan Computational Thinking (CT)” dengan cara dan menyenangkan serta membebaskan siswa dari dekat berfikir pada sebuah mata pelajaran saja, sebab pada hakekatnya CT di perlukan untuk berbagai bidang pada abad Digital ini, serta memberikan ide tentang bagaimana menginfus CT kedalam mata pelajaran, merancang Lesson Plan yang mengintegrasikan CT ke pelajaran Matematika, Sains (IPA,IPS) dan Bahasa.

Pada Bagian lain Dalam kegiatan ini, Tim BEBRAS Indonesia biro UNM juga memperkenalkan suatu keterampilan berfikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skill (HOTS) yakni proses berfikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktifitas mental yang paling dasar.

Kepala Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Bontramba Alfian Munir, SPd, MM dalam sambutannya antara lain mengatakan ” Melalui Workshop ini, di harapkan setiap peserta mampu melakukan pengembangannya pada peserta didik di sekolah masing-masing” jelasnya.

Alfian juga berharap dengan workshop, akan menjadi modal bagi kalangan guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran dan bisa mengaplikasikan ilmu yang disajikan para pemateri.

” Yang jelas, para peserta bentu-betul harus memanfaatkan kegiatan ini, karena hal semacam ini jarang dilakukan” jelas Alfian.

Pada Akhir dari kegiatan ini di tutup dengan permainan Kuis Online yang menarik dan penyerahan hadiah bagi peserta, oleh Ketua Tim BEBRAS Indonesia Biro UNM.(*/mjb)


Pos terkait