Piala AFF: Tak Berpikir Adu Penalti, Shin Tae-yong Ingin Menang di Waktu Normal

Witan Sulaeman dkk diinstruksikan untuk mengalahkan Singapura di waktu normal. (int)

STARNEWS.ID, SINGAPURA — Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong berambisi membawa Indonesia menang atas Singapura di pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020, malam nanti. Shin Tae-yong ingin para pemainnya langsung mengalahkan tim tuan rumah di waktu normal.

Di leg pertama, timnas Indonesia ditahan imbang dengan skor 1-1. Skuat Garuda sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Witan Sulaeman (28′), sebelum Singapura menyamakan kedudukan di menit 70 lewat aksi Ikhsan Fandi.

Di leg kedua nanti, aturan gol kandang-tandang tidak berlaku. Kedua tim sama-sama harus meraih kemenangan jika ingin memastikan tiket ke partai puncak.

Shin Tae-yong ingin para pemainnya segera mengunci kemenangan di waktu normal. Ia mengaku tak memikirkan soal babak adu penalti.

“Saya tidak berpikir untuk babak adu penalti. Saya ingin menangi pertandingan sebelum itu. Memang, ada kemungkinan. Tapi kemungkinan itu tidak ada di benak saya,” ungkap juru taktik asal Korea Selatan itu.

Sementara itu, pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida mengakui, para pemain Indonesia memiliki kualitas tinggi. Namun, ia mengungkap ada tujuh pemain yang masuk dalam catatannya.

“Indonesia memiliki banyak pemain hebat, jadi saya tak bisa bilang siapa pemain bagus atau yang tidak,” kata Yoshida dalam jumpa pers virtual, Jumat (24/12).

“Untuk besok (hari ini), pemain nomor 10, nomor 7, nomor 27, nomor 12, nomor 14 yang merupakan bek sayap hebat, dan nomor 28. Selain itu, nomor 5 juga punya kualitas hebat,” tambahnya.

Nama-nama pemain yang disebut Yoshida adalah: Egy Maulana Vikri, Ezra Walian, Dedik Setiawan, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, dan Rizky Ridho.

Yoshida secara khusus menyebut Asnawi sebagai bek sayap mumpuni. Pemain Ansan Greeners itu memang menjadi andalan Shin Tae-yong di Piala AFF kali ini.

Asnawi selalu diturunkan di setiap pertandingan dan hanya sekali ditarik keluar saat Indonesia berhadapan dengan Vietnam. Bahkan, ia menjadi alasan Singapura kebobolan gol di laga leg pertama.

Menariknya, Yoshida juga menyebut nama Egy yang belum tampil di Piala AFF kali ini. Ia baru bergabung dengan skuat Garuda pada Selasa 21 Desember lalu. Sekarang Egy disebut sudah fit dan siap tampil di laga leg kedua. (pat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *