Piala Menpora 2021, Juku Eja Hempaskan Perlawanan Mahesa Jenar dan Melaju ke Semifinal

Suasana pertandingan PSM Makassar melawan PSIS Semarang yang berlangsung di tengah guyuran hujan. (foto inews.id)

STARNEWS.ID, MALANG – PSM Makassar berhasil maju ke semifinal setelah mengalahkan PSIS Semarang di perempat final Piala Menpora 2021. Pasukan Ramang menundukkan Mahesa Jenar dalam adu penalti dengan skor 4 – 2.

Bermain di Stadion Kanjuruhan, Malang, kedua tim yang tidak diperkuat pemain asing ini bermain keras dan cepat. Silih berganti terjadi jual bei serangan, namun sejumlah peluang dari kedua tim tidak berhasil membuahkan gol.

Bacaan Lainnya

Bermain dalam guyuran hujan yang cukup deras, membuat pemain kedua tim gampang berbuat kesalahan dan mendapatkan kartu kuning. Namun setelah 90 menit berlaga, akhirnya pemenangnya harus ditentukan dengan adu penalti.

Dewi fortuna berpihak kepada Juku Eja, karena keempat penendangnya  berhasil merobek gawang kiper PSIS Semarang, Jandia.  sedangkan sepakan dua pemain Mahesa Jenar, Pratama Arhan dan  dan Hari Nur Yulianto ditepis kiper Hilmansyah.

Hasil ini menempatkan tim asuhan Syamsuddin Batola menjadi tim pertama yang menginjakkan kaki di empat besar Piala Menpora 2021. Nantinya mereka akan menghadapi pemenang Persija Jakarta vs Barito Putera, yang baru akan bermain besok (10/4/2021). (*/int)

Pertandingan antara PSM Makassar dengan PSIS Semarang berakhir imbang di masa normal. Namun saat adu penalti, PSM berhasil menang dengan skor 4-2. (foto okezone.com)

Babak Pertama 

Mengawali pertandingan, PSIS Semarang langsung mengancam gawang PSM Makassar yang dikawal Kiper Himansyah. Dimana tendangan bebas Alfeandra Dewangga di menit ke-15 nyaris berbuah gol, namun ditepis kiper PSM.  Bahkan bola muntah berhasil mendarat di kaki Riyan Ardiansyah, sayang sepakannya tidak mengarah ke mulut gawang.

Tidak berhenti sampai di situ, serangan tim berjuluk Mahesa Jenar berlanjut di menit ke-19. Crossing Riyan dari sisi kiri berhasil disambut Hari Nur Yulianto di kotak penalti Tim Juku Eja,  namun sundulannya melambung di atas gawang. Juga di menit ke-27, sepakan jarak jauh Komarudin melebar di sisi kanan.

PSM baru mencatat shot on target di menit ke-37. Saat Yakob Sayuri melepaskan tembakan jarak jauh dari sisi kiri kotak penalti, namun bola mengarah tepat ke pelukan kiper PSIS, Jandia Eka Putra. Babak pertama berakhir dan skor kacamata 0-0.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, PSIS Semarang melakukan serangan. Pemain Eka Febri mendapat peluang di menit ke-48, namun penyelesaian akhirnya masih belum mengarah ke gawang PSM.

PSM berusaha bangkit dan melalui Erwin Gutawa punya peluang lewat sundulan di menit ke-58, memanfaatkan sepak pojok. Namun kiper Jandia bisa mengamankan gawangnya.

Lalu PSIS membalas di menit ke-59, sepakan Hari Nur bisa diamankan  Hilman Syah. Juga di  menit ke-60, sundulan Safrudin Tahar masih menyamping.

Namun pemain Juku Eja hampir membobol gawang PSIS Semarang di menit ke-65. Ini dilakukan striker Saldy yang mendapatkan assit dari sisi kiri, tapi sundulannya yang lemah di tepis keluar oleh Jandia.Kembali PSIS gantian menyerang lewat serangan balik empat menit setelahnya, tapi sepakan Hari Nur melenceng tipis di sisi kiri gawang PSM.

Lalu pemain PSM, Sutanto Tan sempat mengancam di menit ke-85 lewat sundulan yang memantul tanah, tapi Jandia lagi-lagi mampu menghalaunya. Permainan yang berlangsung alot ini, akhirnya berakhir 0-0, hingga wasit membunyikan peluit tanda berakhirnya pertandingan dan pemenangnya harus ditentukan lewat adu penalti.

Para pemain PSM Makassar meluapkan kegembiraan setelah mengalahkan PSIS Semarang dalam adu penalti dengan skor 4-2 dan melaju ke semifinal  Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (9/4/2021).  (foto beritasatu/antara foto).

Adu Penalti

PSM Makassar mendapat kesempatan pertama sebagai penendang penalit. Penendang pertama, PSM unggul 1-0. Sedangkan tendangan Pratama Arhan (PSIS) ditepis Hilman Syah, sedang sepakan Hasyim Kipuw (PSM) berhasil berbuah gol. Hari Nur menjadi penendang kedua, tapi Hilman Syah kembali menepisnya. Sementara itu, eksekusi Rasyid Bakri membawa PSM unggul 2-0.

Alfeandra Dewangga maju sebagai eksekutor ketiga, dan sukses mencetak gol. Namun Abdul Rachman dengan tendangan ala panenka membawa PSM unggul 3-1.

Fredyan Wahyu yang bertindak sebagai penendang keempat memperpanjang perlawanan Mahesa Jenar, tetapi pemain Tim Juku Eja, Sutanto Tan berhasil mengakhiri perlawanan PSIS, dan memastikan kemenangan PSM melalu ke Semifinal Piala Menpora 2021. (*/int)

Susunan Pemain :

PSM Makassar :  Hilmansyah, Zulkifli, Erwin Gutawa, Kipuw, Rachman, Arfan, Sutanto Tan, Rasyid Bakri, Rizky Eka (Rifky 76′), Saldy (Wanggai 76′), Yakob Sayuri.

PSIS Semarang : Jandia, Fredyan, Alfeandra, Wahyu, Riyan (Safrudin 56′), Eka (Riski 86′), Finky Pasamba, Fandi Eko, Komarudin (Ado 56′ (Soni 86′)), Arhan, Hari Nur.


Pos terkait