Pjs Ketua TP PKK Gowa Ingatkan Semua Pihak Peduli Peningkatan Kesehatan

Pjs Ketua Tim Penggerak PKK Gowa, A Dewi Yani Aslam di kegiatan Bulan Bhakti PKK, KB dan Kesehatan Tahun 2020 di Dusun Ballaparang, Desa Panyangkalang, Kecamatan Bajeng, Selasa (27/10/2020).

STARNEWS.ID, GOWA — Peningkatan derajat kesehatan sangat diatensi pemerintah. Sehingga dimasukkan dalam program pembangunan nasional.

Dengan begitu, diharapkan tumbuh kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk.

Berkenaan itu, Pjs Ketua Tim Penggerak PKK Gowa, A Dewi Yani Aslam pun mencanangkan Bulan Bhakti PKK, KB dan Kesehatan Tahun 2020.

Di kegiatan yang dipusatkan di Dusun Ballaparang, Desa Panyangkalang, Kecamatan Bajeng, Selasa (27/10/2020) itu, Dewi Yani Aslam menyampaikan harapan kepada semua pihak agar lebih fokus pada peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan di segala aspek Program KB dan Kesehatan. Peningkatan peran serta institusi masyarakat dan pemberdayaan perempuan dari pedesaan sampai tingkat provinsi pun sangat diharapkan.

Menurut istri Pjs Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi itu, permasalahan kependudukan merupakan masalah yang sangat krusial jika tidak ditangani dengan pola yang benar.

Sebab akan memberikan pengaruh yang besar terhadap tatanan sosial kehidupan masyarakat. Termasuk masalah keamanan lingkungan dan kesejahteraan keluarga.

“PKK merasa terpanggil untuk ikut menangani permasalahan Program Keluarga Berencana. Kami juga berharap agar para camat dan para Ketua TP PKK Kecamatan untuk dapat melanjutkan kegiatan ini dengan melakukan pelayanan di wilayahnya masing-masing dengan menitikberatkan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang IUD dan Implant sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat terpenuhi,” harap Dewi Yani Aslam.

Untuk diketahui, bakti sosial itu terlaksanan berkat kerja sama antara BKKBN dengan tiga komponen. Yakni PKK, Dinas PPKB dan Dinas Kesehatan. Pihak terkait tersebut mesti menggiatkan pelayanan KB dan kesehatan di setiap kecamatan.

“Kegiatan ini (bulan bhakti PKK) rutin dilaksanakan. Baik di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten. Dan kita sudah tiap tahun melaksanakannya,” terang Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa, Sofyan Daud.

Lebih lanjut ia menjlaskan, pencanangan dan pemantauan terkait giat tersebut akan dilakukan di 18 kecamatan. Dengan harapan, masyarakat bisa semakin teredukasi dengan pentingnya program KB.

“Kita gandeng PKK karena memiliki jaringan sampai ketingkat rumah tangga dalam hal ini dasawismanya. Ini yang kita inginkan agar tersosialisasikan bagaimana program KB itu sendiri. Setelah tersosialisasi dan masih ada yang ingin mendapatkan pelayanan maka akan kita arahkan ke klinik KB atau Puskesmas yang dipantau oleh PKK,” ujar Sofyan.

Pada kesempatan, juga dilakukan penyerahan bantuan makanan instant secara simbolis dari Pjs Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, A Dewi Yani Aslam kepada korban angin puting beliung di Desa Panyangkalang, Kecamatan Bajeng, sekaligus meninjau langsung Pondok Bersalin Desa (Polindes) Panyangkalang.

Turut hadir dalam pencanangan bulan bhkati PKK, KB dan Kesehatan Tingkat Kabupaten Gowa yakni Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gowa, Rumaisah, Sekcam Bajeng, M Tahir.

Juga perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, jajaran Dinas PPKB Kabupaten Gowa, pengurus PKK Kabupaten Gowa dan para Ketua TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Gowa. (rus/dam)


Pos terkait