PKK 2017 FT UNM Gelar Fashion Show 2020

Suasana usai fashion show yang digelar PKK 2017 FT UNM. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR- PKK 2017 FT UNM mengadakan Fashion Show 2020 bertajuk “Sustainable : A Masterpiece of Fabric Exloration di Ballroom Theatre, lt. 3, Gedung Menara Pinisi UNM, Senin (21/12/2020).

Fashion show yang dilakukan semi virtual ini dihadiri oleh Rektor UNM, Prof Dr Ir H Husain Syam M TP IPU, para Wakil Rektor, diantaranya tampak hadir Prof Dr Hasnawi Haris, Dr Sukardi Weda, dan Dr Muh. Ichsan Ali, para Ketua Lembaga, para Dekan, para Kepala Biro, Ibu Dharna Wanita UNM, para pimpinan dan dosen FT UNM, para desainer Kota Makassar, orang tua mahasiswa, dan mahasiswa Konsentrasi Tata Busana, Jurusan PKK FT UNM angkatan 2017 yang memenuhi lt. 3 Ballroom Theatre Gedung Menara Pinisi UNM.

Bacaan Lainnya

Selaku Rektor UNM, Prof Dr Ir H Husain Syam M TP IPU mendukung, mengapresiasi dan memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam Fashion Show PKK FT UNM 2020. Hal senada disampaikan oleh Prof Dr Ir H Muhammad Yahya M Kes M Eng IPU, yakni menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dr St. Aisyah M Pd, yang juga Ketua Jurusan PKK FT UNM mengatskan dalam sambutannya, Peragaan Busana merupakan salah satu mata kuliah wajib diprogramkan oleh mahasiswa jurusan PKK, konsentrasi Tata Busana.

Terdapat 76 busana hasil rancangan mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) FT UNM dipamerkan di lantai 3 gedung Menara Pinisi UNM. Ke-76 busana tersebut diproses pada kain dengan lima kategori lomba, yaitu screen printing, batik, patchwork, ecoprint, dan tie dye, dengan beragam model, mulai dari busana resmi, santai, hingga busana muslim.

PKK 2017 FT UNM Fahion show 2020 memamerkan desain busana rancangan mahasiswa PKK FT UNM, dimulai sejak pukul 12:30 dan berakhir sekitar pukul 17:00, dengan menampilkan sejumlah kegiatan, seperti pameran, pemberian hadiah pada lima kategori lomba, pertunjukan tari, lagu, dan fashion show.

Dewan juri menyampaikan bahwa kegiatan ini berproses selama empat bulan lamanya. Keluar sebagai juara umum pada fashion show PKK FT UNM 2020 ini adalah Andi Nurliana. Mahasiswa PKK FT UNM ini mengangkat karya MAPPADENDANG. Tradisi Mappadendang atau pesta panen adalah salah satu warisan asli kebudayaan Bugis yang diadakan untuk menyatukan rasa kebersamaan antara petani dan masyarakat sekitar.

Tradisi ini memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas berhasilnya panen padi di suatu daerah. Desain baju yang mencirikan khas pesta panen dan dibubuhkan dengan motif lesung dan padi lebih menampakkan cirinya, paduan pilihan warna yang terkesan lebih berwarna nampak lebih ceria saat pesta panen berlangsung.

Dr Sukardi Weda, yang juga Wakil Rektor 3 UNM, menghadiri acara fashion show tersebut hingga akhir kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat melahirkan desainer-desainer muda yang handal dan berbakat.

“Para mahasiswa juga memiliki talenta untuk memasukkan budaya, flora dan fauna, dan kearifan lokal dalam maha karya mereka,” ujarnya.

Sukardi Weda juga mengapresiasi dukungan penuh Rektor UNM, Dekan FT UNM, para Pimpinan FT UNM, Ketua Jurusan PKK FT UNM, para dosen Pembimbing, diantaranya, Dra Hj Kurniati M Si, Irmayanti S Pd M Pd, Dra Hj Asiani Abu M Pd, dan para mahasiswa PKK, konsentrasi Tata Busana, sehingga fashion show ini dapat terlaksana. (*/uba)


Pos terkait